Perkembangan Grup Alfa Di Generasi kedua

Perkembangan Grup Alfa Di Generasi kedua

Djoko Susanto sang pendiri Grup Alfa, tampak segar dan awet muda. Tak ada yang menyangka bahwa taipan ini sudah menginjak usia 66 tahun. Usia kerja Djoko memasuki masa emas atau tahun ke-50. Djoko sudah banting tulang membuka toko kelontong sejak usia 16 tahun.

Meski masih segar bugar, Djoko sadar betul bahwa kekuatan tubuhnya akan terus menurun. Atas dasar itulah, sejak lima tahun lalu, ia mempersiapkan anak-anaknya sebagai pewaris bisnis Grup Alfa. Menurut taipan dengan nilai kekayaan US$ 1,25 miliar versi Forbes ini, penting bagi pemimpin perusahaan untuk menyiapkan generasi penerus sedini mungkin.

Salah satu prinsip yang diterapkan Djoko dalam menyiapkan generasi kedua adalah memberikan ruang kesalahan. Pemilik puluhan ribu jaringan gerai Alfamart ini melatih naluri bisnis lima anaknya dengan cara menjalankan bisnis.

Djoko melatih bisnis sang anak mulai dari tanggung jawab yang sederhana. Asal tahu saja, putera-puteri Djoko yang berkecimpung di bisnis ritel harus rela meniti karier sebagai manajer gerai Alfamart yang mengurusi kasir, suplai barang dan lainnya, selama satu tahun hingga dua tahun.

Djoko juga memiliki cara unik agar anak-anaknya menimba ilmu yang mumpuni. Saat ini, anak Djoko yang menjalankan bisnis ritel yakni Budiyanto Djoko Susanto dan Feny Djoko Susanto. Tiga anak lain bergelut di bisnis properti, sekolah dan lainnya. Bagi Djoko, menyerahkan tongkat estafet selagi sehat memudahkannya leluasa menekuni hobi diving.

Source http://industri.kontan.co.id/ https://industri.kontan.co.id/news/grup-alfa-berani-ekspansi-di-tengah-krisis?page=3
Comments
Loading...