Pet Shop Jadi Alternatif Bisnis Waralaba

Pet Shop Jadi Alternatif Bisnis Waralaba

Puluhan booth berbagai produk waralaba berjejer dalam acara Info Franchiseand Business Concept 2018, yang digelar di Balai Kartini, Jakarta Selatan, pada 9-11 Maret 2018. Mayoritas ragam usaha yang ditawarkan adalah kuliner dan retail. Namun ada satu produk waralaba yang berbeda dari jenis usaha lain, yakni toko hewan atau pet shop My Pets.

My Pets mengklaim sebagai toko hewan berbasis waralaba (franchise) pertama di Indonesia. Prospek bisnis toko hewan cukup menjanjikan. Sebab, belakangan makin banyak bermunculan sejumlah komunitas pencinta hewan.

Salah satunya Jakarta Dog Lovers (JDL) dan International Cats Association (ICA), yang anggotanya cukup banyak di Indonesia. Bisnis ini menyasar konsumen yang sekadar memiliki hobi merawat hewan peliharaan atau mereka yang tergabung dalam komunitas tersebut. My Pets mulai beroperasi pada 2006. Saat ini, terdapat empat gerai My Pets. Tiga toko pusat berlokasi di Medan, Jakarta Utara, serta satu gerai waralaba di Pekanbaru, Riau. My Pets baru saja membuka ekspansi ke Jakarta Barat dengan membangun gudang atau depot baru.

Untuk berbisnis waralaba, My Pets mematok dana investasi minimal Rp 400 juta dengan masa kontrak lima tahun. Calon mitra juga harus memiliki lokasi dengan luas minimal 64 meter per segi. Nantinya My Pets menyediakan pelatihan, promo, serta pendampingan selama operasi gerai waralaba. Untuk royalti, My Pets mengambil Rp 5 juta per bulan dari investor sebagai biaya manajemen.

Menurut Lubis, tidak butuh waktu lama bagi investor untuk balik modal. Break even point (BEP) tidak sampai dua tahun, kira-kira 22 bulan sudah BEP, kemudian masuk tahun ketiga sudah menerima laba bersih. Salah satu pengunjung booth My Pets, Indriana, mengaku cukup tertarik dengan bisnis toko hewan. Menurut Indri, jumlah pecinta hewan makin meningkat dari tahun ke tahun.

Source https://bisnis.tempo.co/ https://bisnis.tempo.co/read/1068727/banyak-pencinta-hewan-pet-shop-jadi-alternatif-bisnis-waralaba/full&view=ok
Comments
Loading...