Pewaralaba Ramai-ramai Jadi Lisensi

Pewaralaba Ramai-ramai Jadi Lisensi

PP ini dituding terlalu ketat mengatur bisnis waralaba. PP ini disusun untuk menjawab seruan para pebisnis yang menghendaki perlindungan bagi para investor yang hendak menjadi terwaralaba. Sejumlah praktisi waralaba memperkirakan PP ini bakal mengakibatkan migrasi dari sejumlah pebisnis waralaba. Ke bentuk kerja sama bisnis yang belum diatur ketat oleh pemerintah, yaitu lisensi, business opportunity (BO), dan paket usaha.

Bisnis yang belum memenuhi kriteria untuk menawarkan peluang waralaba harus menyingkir dari arena waralaba. Bila keras kepala dan tetap menggunakan istilah waralaba, mereka akan ditindak tegas. Bahkan dendanya bisa mencapai Rp 100 juta.

Kriteria untuk menjadi waralaba dalam PP ini terlalu ketat. Namun, bagi yang memenuhi syarat seharusnya kriteria ini justru menguntungkan dan meningkatkan kredibilitas. Beberapa waralaba harus menjadi nonwaralaba karena memang tidak layak untuk diwaralabakan. Beberapa yang lain mungkin sebenarnya layak atau potensial untuk diwaralabakan, tapi tersandung syarat harus sudah beroperasi minimum lima tahun.

Source https://swa.co.id/ https://swa.co.id/swa/listed-articles/waralaba-2008-ramai-ramai-jadi-lisensitanya
Comments
Loading...