Presiden Dorong Pengembangan Bisnis Waralaba

Presiden Dorong Pengembangan Bisnis Waralaba

Potensi berbisnis dengan skema franchise atau waralaba cukup besar di Indonesia. Selain memiliki pasar domestik yang gurih. Indonesia juga terdiri dari 34 provinsi dan 516 kabupaten/kota. Peluang waralaba pun bisa ditangkap unit-unit usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) yang mulai tumbuh dan berkembang.

Hal itu diutarakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Indonesia Franchise and SME Expo (IFSE) 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (25/11). Konsep franchise atau waralaba sebenarnya sangat cocok untuk negara kita.

Masyarakat Indonesia sejak lama sudah terbiasa dengan usaha sendiri, membuka warung, membuka toko dan membuka restoran. Industri waralaba dan UMKM turut berkontribusi besar dalam menopang perekonomian nasional. UMKM dan waralaba dapat menyerap tenaga kerja di kisaran 70-80%.

Ia mencontohkan perusahaan waralaba Es Teler 77 yang mampu menyerap produksi buah di dalam negeri. Es Teler 77 kini telah memiliki 180 gerai di seluruh Indonesia. Jokowi pun meminta usaha lokal yang berkembang di daerah mengadopsi konsep waralaba.

Pasalnya, paket-paket waralaba lazimnya sudah menganut standardisasi dan lebih efisien. Pengusaha lokal dan masyarakat juga bisa menentukan sendiri jenis-jenis alat-alat produksi yang digunakan. Jokowi juga berharap, waralaba asal Indonesia tidak hanya fokus di pasar domestik tapi juga berupaya menembus pasar internasional.

IFSE diselenggarakan dari Jumat hingga Minggu (27/11) dan memamerkan berbagai perusahaan waralaba yang dikurasi oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI). Tujuan pameran itu untuk mengenalkan potensi usaha waralaba di Indonesia dan mengajak masyarakat menjadi pengusaha waralaba.

Source http://m.mediaindonesia.com/ http://mediaindonesia.com/read/detail/79361-presiden-dorong-pengembangan-bisnis-waralaba
Comments
Loading...