Presiden Jokowi Tantang Waralaba Kopi Lokal Saingi Starbucks

Presiden Jokowi Tantang Waralaba Kopi Lokal Saingi Starbucks

Presiden Joko Widodo meminta pewaralaba tanah air bisa bersaing dengan waralaba asing yang sudah menjamur di Indonesia. Hal itu diutarakannya, dalam peresmian pekan waralaba dan UKM atau Indonesia Franchise & SME Expo (IFSE) yang berlangsung 25 hingga 27 November 2016 di Jakarta Convention Center.

Ia mencontohkan waralaba kedai kopi Starbucks, yang kini sudah memasuki hampir seluruh kota-kota besar di seluruh Indonesia. Hadirnya waralaba seperti Starbucks, kata Jokowi, bahkan sudah menjadi lambang kemajuan tiap kota bagi para generasi modern.

Kalau ada Starbucks-nya citra sebuah kota langsung sepertinya berkelas internasional. Meskipun tidak selalu seperti itu, kata Jokowi Ia lebih senang apabila setiap kota diisi oleh waralaba-waralaba yang dikembangkan oleh pengusaha lokal.

Sebagai perbandingan dengan Starbucks, Jokowi pun menyebut waralaba lokal Coffee Toffee menjadi salah satu contohnya. Jokowi lebih senang sebetulnya kalau di kota-kota di seluruh Indonesia itu ada Coffee Toffee. Jokowi lalu meminta Obi Anindito, pendiri Coffee Toffee untuk maju ke atas panggung.

Obi menceritakan bahwa gerai kopi yang didirikan pada 2006 itu kini sudah mempunyai 160 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Jokowi pun terkejut mendengar hal itu. Ia meyakini 160 gerai itu bisa mendatangkan keuntungan yang sangat besar.

Source http://www.industry.co.id/ http://www.industry.co.id/read/319/presiden-jokowi-tantang-waralaba-kopi-lokal-saingi-starbucks
Comments
Loading...