Produk Kuliner Kekuatan Waralaba Lokal

Produk Kuliner Kekuatan Waralaba Lokal

Direktur Bina Usaha Perdagangan Kemendag Fetnayeti mengemukakan produk kuliner Indonesia menjadi kekuatan pelaku waralaba lokal untuk mengembangkan bisnisnya, baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa merek waralaba di bidang kuliner yang sudah berkembang hingga ke luar negeri di antaranya “Bumbu Desa”, “Es Teler 77”, “Ayam Bakar Mas Mono”, dan gerai ritel “Indomaret”.

Selain kuliner, bidang perawatan tubuh seperti spa menempati urutan kedua sebagai produk waralaba yang sudah menembus pasar internasional. Jika dibandingkan negara ASEAN, Indonesia menempati peringkat ketiga dalam bisnis waralaba setelah Malaysia dan Singapura. Tapi saya yakin pertumbuhan bisnis ini akan semakin meningkat di tahun-tahun mendatang.

Bisnis waralaba merupakan salah satu peluang wirausaha yang akan dikembangkan secara intensif oleh pemerintah karena bisnis di bidang kewirausahaan seperti sektor perdagangan, hotel, dan restoran memberikan kontribusi yang cukup signifikan yaitu 14,26 persen dari 5,11 persen pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2014.

Kemendag mencatat pertumbuhan bisnis waralaba atau “franchise” dalam enam tahun terakhir sebesar 35 persen. Dengan 12 ribu pemilik waralaba yang menjalankan bisnisnya di 23 ribu gerai di seluruh Indonesia. Kemendag juga menargetkan pertumbuhan PDB riil subsektor perdagangan besar dan eceran sebesar 6,6 persen pada 2015. Pada tahun 2014 Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) mencatat bahwa omset waralaba Indonesia mencapai Rp172 triliun.

Source https://www.wartaekonomi.co.id/ https://www.wartaekonomi.co.id/read42865/kemendag-produk-kuliner-kekuatan-waralaba-lokal.html
Comments
Loading...