Prospek Waralaba di Tahun Ular Air

Prospek Waralaba di Tahun Ular Air

Ini mungkin peringatan bagi para pebisnis. Tahun depan, bisnis mungkin bakal lebih susah lantaran kondisi politik mulai menghangat menjelang pemilihan presiden 2014. Meski begitu, masih ada peluang yang bisa dimanfaatkan.

Para pakar fengshui melihat, tahun 2013 yang dalam kalender China disebut Tahun Ular Air bakal lebih dominan elemen air dan api. Air merupakan simbol harta, sementara api simbol semangat atau politik. Bisnis yang berkaitan dengan elemen air bakal lebih prospektif. Misalnya, bisnis aneka minuman dan makanan, kesehatan, dan hiburan. Suhu Xiangyi, ahli fengshui lain, menambahkan, bisnis properti, perbankan tetap prospektif.

Para pengamat dan pelaku waralaba seolah sepakat dengan ramalan itu. Bisnis yang berkaitan dengan makanan dan gaya hidup bakal moncer tahun depan. Evi Diah Puspitawati, Konsultan Waralaba dari International Franchise Business Management, melihat bisnis makanan dan minuman bakal tumbuh pesat.

Bisnis menyangkut gaya hidup yang juga bakal tumbuh tahun depan adalah perawatan tubuh dan spa. Pertumbuhan masyarakat kelas menengah yang cepat ikut mendongkrak bisnis waralaba. Valentino Dinsi, Wakil Ketua Asosiasi Waralaba Indonesia, memprediksi, tahun depan, kelas menengah bertambah 18 juta orang, menjadi sekitar 45 juta.

Aturan terbaru soal waralaba memang memperketat syarat usaha memakai sistem waralaba. Tapi, menurut Amir Karamoy, Ketua Dewan Pembina Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali), sisi positifnya, bakal banyak pola kerjasama kemitraan dan business opportunity.

Source http://industri.kontan.co.id/ https://industri.kontan.co.id/news/prospek-waralaba-di-tahun-ular-air
Comments
Loading...