PT Indomarco Prismatama Buka Gerai Indomaret Saban Hari

PT Indomarco Prismatama Buka Gerai Indomaret Saban Hari

PT Indomarco Prismatama adalah pengelola minimarket Indomaret, terus menambah gerai anyar sepanjang semester dua tahun ini. Hingga November 2014, Indomarco sudah punya 10.400 gerai Indomaret. Artinya, sejak Juni 2014–November 2014, Indomarco sudah menambah 500 gerai anyar Indomaret.

Sampai paruh pertama tahun ini, Indomarco sudah mengoperasikan 9.900 gerai Indomaret yang tersebar di beberapa kota di Jawa, Bali, Madura, Lombok, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Komposisinya adalah sekitar 60% milik Indomarco, dan sisanya kerjasama dengan publik dengan skema waralaba.

Dengan kepemilikan gerai saat ini, berarti Indomarco tinggal butuh tambahan 200 gerai Indomaret lagi. Soalnya, Indomarco pasang target bisa mengelola sebanyak 10.600 gerai Indomaret sampai akhir tahun ini. Target tersebut bisa tercapai karena masih adanya potensi pasar yang terbuka lebar. Hampir tiap hari, Indomaret membuka gerai baru.

Fokus tambahan Indomaret masih di Jawa. Hingga November ini saja, sekitar 70% dari gerai anyar Indomaret, berada di Jawa. Sedangkan sisanya di luar Jawa. Tahun depan fokus tambahan gerai Indomaret masih berkutat di Pulau Jawa.

Selain membuka gerai Indomaret, lini bisnis PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) ini juga menargetkan tambah Indomaret Poin, gerai minimarket plus kafetaria laiknya convenience store.  Pada medio tahun ini, manajemen Indomarco sempat menargetkan pembukaan 100 gerai Indomaret Poin hingga akhir 2014. Namun hingga awal November, baru terealisasi 40 gerai Indomaret Poin.

Wiwiek mengaku pihaknya memang tidak berambisi menambah banyak gerai Indomaret poin ini lantaran potensi pasar tidak sebesar gerai Indomaret. Pembangunan gerai Indomaret Poin ini hanya terbatas untuk kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta.

Selain itu, untuk membangun gerai Indomaret Poin butuh dana lebih besar hingga tiga kali lipat dari gerai Indomaret biasa yang investasinya antara Rp 400 juta sampai Rp 500 juta per gerai. Alhasil, Indomarco menargetkan cuma tambah hingga lima gerai Indomaret Poin baru.

Source http://industri.kontan.co.id/ http://industri.kontan.co.id/news/indomarco-saban-hari-buka-gerai-indomaret
Comments
Loading...