Rahasia Miniso Buka Ratusan Gerai Hanya dalam Dua Tahun di Indonesia

Rahasia Miniso Buka Ratusan Gerai Hanya dalam Dua Tahun di Indonesia

Perusahaan ritel modern asal Jepang, Miniso, menceritakan bagaimana mereka bisa membuka ratusan gerainya di Indonesia dalam waktu singkat. Miniso terhitung belum lama beroperasi di Indonesia, karena pertama kali buka tahun 2016 atau baru dua tahun sampai saat ini.

Awalnya, pendiri Miniso datang ke Indonesia untuk jalan-jalan. Pas jalan-jalan, dia lihat orang Indonesia ada banyak. Perkembangan ekonominya juga pesat, kurang lebih sama dengan di China. Dari keyakinan tersebut, Miniso mulai menyiapkan dan berekspansi dengan membuka toko-tokonya di Indonesia.

Sebelum membuka toko, Miniso terlebih dahulu melakukan riset terhadap karakter pasar atau konsumen di Indonesia. Miniso memandang konsumen di tiap negara memiliki karakter yang berbeda-beda. Konsumen di Jepang tentu memiliki minat yang berbeda dengan konsumen di Indonesia.

Beberapa barang atau produk favorit pembeli asal Indonesia setelah melakukan riset tersebut. Setelah riset dan mulai beroperasi, Miniso mengaku mendapatkan penerimaan dan respons yang positif dari konsumen di Indonesia.

Untuk memperkuat bisnisnya yang baru berumur dua tahun, Miniso melakukan sejumlah hal dalam rangka meningkatkan kegiatan dan penjualannya, salah satunya melalui proses usaha yang lebih efisien. Sampai saat ini, Miniso sudah membuka 124 gerainya di Indonesia. Miniso kini sedang mempelajari tata cara berinvestasi dan masalah perizinan lainnya di Indonesia karena mereka berencana membuka sistem waralaba atau franchise untuk pengembangan bisnisnya di Tanah Air.

Source http://kaltim.tribunnews.com/ http://kaltim.tribunnews.com/2018/07/21/miniso-buka-ratusan-gerai-hanya-dalam-dua-tahun-di-indonesia-ini-rahasia-di-baliknya
Comments
Loading...