Sejarah Dan Perkembangan Waralaba Indonesia

Sejarah Dan Perkembangan Waralaba Indonesia

Waralaba merupakan salah satu cara mengembangkan usaha. Beberapa cara bisnis yang lainnya misalnya dengan membuka cabang atau menjalin kemitraan. Bisnis waralaba sendiri dimulai pada tahun 1800-an di Inggris ketika system tied house digunakan oleh pembuat bir untuk memasarkan produk mereka.

Ide tersebut kemudian diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1851 oleh perusahaan mesin jahit singer untuk memperluas jaringan pemasaran mereka dan perbaikan mesin jahit mereka kepada konsumennya. Kemudian ide franchising ini dimatangkan kembali oleh General motor pada tahun 1898 dengan menggunakan sistem “Independent business” untuk meningkatkan penjualan dan jaringan distribusi tanpa mengeluarkan banyak uang. Cara ini kemudian diikuti beberapa perusahaan ternama lainnya seperti perusahaan obat “Rexall” dan perusahaan minuman seperti Coca Cola dan Pepsi. Kata waralaba diambil dari kata Franchise yang di Indonesiakan.  Kata waralaba tersebut bisa diartikan dengan kata Wara yang artinya Banyak sedangkan laba yang berarti untung.

Bisnis waralaba di Indonesia berkembang pada tahun 1980. Ketika itu ada 6 perusahaan yang menggunakan waralaba sebagai strategi pemasaran produknya. Beberapa bisnis waralaba yang sudah cukup lama di Indonesia seperti Es teler 77, Ny.Tanzil Fried Chicken dan  CFC dibidang perumahan kita mengenal Homes 21 Realty untuk bidang pendidikan kita mengenal adalah Oxford Course Indonesia dibidang ritel kita mengenal M convience store dan fotografi kita mengenal SS Photo

Perkembangan bisnis waralaba di tanah air saat ini semakin pesat jika dahulu hanya didominasi perusahaan waralaba asing saja. Maka saat ini perusahaan lokal kita juga menunjukan kekuatan bisnis waralabanya. Jika dulu kita hanya mengenal beberapa fast food asing maka sekarang banyak juga dijumpai bisnis fast food yang berasal dari dalam negeri yang menjalankan bisnisnya dengan konsep waralaba. Ada beberapa bisnis waralaba yang mengusung makanan tradisional bahkan mengembangkan bisnisnya dibeberapa negara, jika saja anda berkesempatan untuk datang pada saat pameran waralaba maka banyak kita jumpai beberapa bisnis lokal yang baru bermunculan baik dari industri makanan, jasa pendidikan maupun otomotif dengan semakin tingginya perkembangan bisnis waralaba ditanah air diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan pendapat negara melalui pajak yang dibayarkan para pelaku bisnis waralaba di tanah air.

Source Sejarah Dan Perkembangan Waralaba Indonesia SEJARAH DAN PERKEMBANGAN WARALABA INDONESIA
Comments
Loading...