Sepanjang 2014, Alfamart Tambah 1.400 Gerai

Sepanjang 2014, Alfamart Tambah 1.400 Gerai

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk membuka 1.400 gerai Alfamart baru sepanjang 2014, lebih tinggi dari target awal yang sebanyak 1.200 gerai. Tambahan gerai baru tersebut, menjadikan peritel minimarketterbesar di Indonesia ini memiliki 9.600 gerai.

Nilai investasi yang dibutuhkan untuk membuka satu gerai sebesar Rp 400 – 500 juta. Sebanyak 30 persen dari total gerai tersebut merupakan franchise, dan sisanya dikelola sendiri oleh perusahaan. Alfamart juga telah membuka 20 gerai di Filipina hingga akhir tahun lalu. Pembukaan gerai yang dilakukan sejak 27 Juni 2014 tersebut. Dilakukan sebagai bagian dari strategi melebarkan bisnis ke pasar ASEAN.

Alfamart hadir ke Filipina melalui perusahaan Alfamart Retail Asia Ltd (ARA), yang bermarkas di Singapura dalam bentuk joint venturedengan SM Retail Supermarket. Melalui join venture company sebesar 35 persen, Alfamart mendirikan pusat distribusi logistik usaha ritel dan perdagangan di Filipina.

Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya, Hans Prawira sebelumnya mengatakan, Filipina dipilih menjadi tujuan ekspansi, karena adanya kesamaan budaya dan karakter pasar. Jenis produk yang dijual adalah produk lokal Filipina, kecuali untuk makanan, yang rencananya akan dimasukan beberapa makanan khas Indonesia, seperti tempe mendoan, pukis, keripik dan sebagainya.

Untuk mempercepat pertumbuhan toko di Filipina, Sumber Alfaria juga mengirimkan tenaga ahli di bidang ritel. Sebelum membuka gerai baru, pihaknya akan melakukan survei terlebih dahulu mengenai kepadatan penduduk dan trafik lalu lintas orang di lokasi yang diincar.

Jika kriteria-kriteria sudah terpenuhi, maka pembangunan gerai baru bisa dimulai. Saat ini, Sumber Alfaria telah mempekerjakan 96.000 karyawan di Alfamart, dengan tambahan sekitar 25 – 30.000 orang per tahun. Sementara itu di Alfa Midi, ada 16.000 karyawan.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/ekonomi/244138-sepanjang-2014-alfamart-tambah-1400-gerai.html
Comments
Loading...