Sido Muncul Jajaki Waralaba ke Mancanegara

Sido Muncul Jajaki Waralaba ke Mancanegara

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) membuka opsi waralaba (franchise) di luar negeri. Saat ini, Sido Muncul melalui produknya Tolak Angin sudah dijual di Los Angeles, Seattle, Sydney, Perth, Inggris, dan Belanda.

Ke depan Sido Muncul akan mengembangkan 200 produk herbal yang saat ini sudah ada di portofolio perusahaan. Beberapa diantaranya produk lama yang kembali diluncurkan dengan konsep yang baru pada Februari mendatang.

Sido Muncul berharap tahun depan bisa mengantongi penjualan Rp 2,8 triliun dengan laba bersih Rp 450 miliar. Sido Muncul melakukan pencatatan saham perdana (listing) pagi ini, Rabu (18/12) dengan melepas 1,5 miliar saham atau 10 persen dari total modal ditempatkan dan disetor penuh.

Dengan harga penawaran Rp 580 per saham, maka dana yang berhasil dihimpun Sido Muncul dari hajatan ini sebesar Rp 870 miliar. Kresna dan PT Mandiri Sekuritas bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek atas IPO Sido Muncul ini.

Sebesar 56 persen dana IPO digunakan untuk modal kerja, 42 persen untuk investasi, dan sisanya 2 persen untuk pegembangan sistem teknologi informasi dan komputerisasi perseroan. Porsi 42 persen dana IPO itu sekaligus menjadi anggaran belanja modal di tahun 2014. Investasi digunakan untuk memperluas lahan sekitar 10 hektar (ha) di sekitar pabrik Tolak Angin.

Dengan perluasan pabrik tersebut, maka kapasitas produksi bahan baku akan naik empat kali lipat, sementara kapasitas Tolak Angin akan naik dua kali. Terkait pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Akan berdampak pada kenaikan harga mengingat sejumlah bahan baku masih impor, khususnya minuman energi.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/emiten/156256-sido-muncul-jajaki-waralaba-ke-mancanegara.html
Comments
Loading...