pusatdapodik.com – Artikel ini akan membahas soal dan jawaban sejarah kelas 10 bab 1 halaman 14-17 kurikulum mandiri tentang pengenalan sejarah.
Sobat dapat memahami materi dengan menyimak pembahasan mengenai tanya jawab sejarah kelas 10 bab 1 halaman 14-17 kurikulum mandiri mengenai pengenalan sejarah pada artikel kali ini.
Semoga soal dan jawaban sejarah kelas 10 bab 1 halaman 14-17 kurikulum mandiri tentang pengenalan sejarah dapat membantu teman-teman dalam mengerjakan soal atau memahami materi.
Baca Juga: Soal Jawab Bahasa Inggris Kelas 7 Bab 3 Halaman 133-134 Kurikulum Merdeka: Home Sweet Home
Di bawah ini adalah soal dan jawaban sejarah kelas 10 bab 1 halaman 14-17 kurikulum mandiri tentang pengenalan sejarah.
Jawaban Halaman 14-17
Lembar Kegiatan 2
Kisah 1: Belajar dari Wabah
Wabah Tifus di Cirebon pada masa Hindia Belanda
Dari Cerita 1 tentang epidemi, analisislah manfaat apa yang bisa Anda peroleh? Tuliskan jawabanmu pada buku atau media lain!
Menjawab :
Manfaat yang bisa saya ambil dari cerita pertama tentang pembelajaran dari wabah ini adalah tentang pentingnya menjaga gaya hidup.
Seperti menjaga kebersihan lingkungan agar kejadian seperti wabah tidak terulang kembali.
Selain menjaga kebersihan lingkungan, akses terhadap air bersih juga menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan masyarakat.
Lalu, ajaklah orang-orang di sekitar kita seperti keluarga dan sahabat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan. Seperti contoh kecil membuang sampah pada tempatnya.
Dari Cerita 2 tentang kecelakaan lalu lintas, analisa manfaat apa yang bisa anda peroleh? Tuliskan jawabanmu pada buku atau media lain!
Baca Juga: Soal Jawab Bahasa Inggris Kelas 7 Bab 3 Halaman 131-133 Kurikulum Merdeka: Home Sweet Home
Menjawab:
Manfaat yang dapat diperoleh dari cerita kedua ini adalah kita tetap waspada dimanapun kita berada, karena kecelakaan tidak hanya terjadi di jalanan.
Namun dimanapun berada, penting bagi kita untuk waspada. Selain itu, bagi kita yang tertimpa daerah rawan kecelakaan harus lebih berhati-hati lagi.
Saat berkendara, pastikan kita dalam keadaan sehat, agar bisa lebih konsentrasi saat berkendara. Maka Anda tetap harus meningkatkan kewaspadaan kemana-mana.
Cerita 3: Belajar dari Data Laporan Meteorologi Pemerintah Hindia Belanda dan Karya Sastra
Menjawab:
Pada cerita ketiga tentang mempelajari data laporan meteorologi dari pemerintah Hindia Belanda dan karya sastra yaitu mampu mencari tahu.
Bahwa Selat Malaka pernah digunakan sebagai jalur pelayaran dan perdagangan pada tahun 1850 hingga tahun 1885.
Selain itu kita juga mengetahui bahwa di Selat Malaka cuaca sering berubah secara tiba-tiba dan bintik matahari menyebabkan terjadinya badai dan kecelakaan kapal.
Hal ini dapat menjadi acuan bagi awak kapal yang akan melewati Selat Malaka untuk lebih mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan kapal.
Baca Juga: Soal Jawab Bahasa Inggris Kelas 7 Bab 3 Halaman 130 Kurikulum Merdeka: Home Sweet Home
Dari Cerita 4 tentang alat musik gendang, analisalah manfaat apa saja yang bisa anda peroleh? Tuliskan jawabanmu pada buku atau media lain!
Menjawab:
Manfaat yang dapat diperoleh dari cerita keempat adalah tentang sejarah alat musik gendang.
Yang digunakan sebagai pengiring Tarian Melayu Kota Pontianak yang direkam pada tahun 1980an. Kemudian alat musik drum akan menghasilkan suara dengan cara ditabuh.
Demikianlah Soal Jawab Sejarah Kelas 10 Bab 1 Halaman 14-17 Kurikulum Mandiri Tentang Pengenalan Sejarah.***