Strategi Menambah Gerai Waralaba

Strategi Menambah Gerai Waralaba

Bisnis waralaba atau franchise merupakan suatu hak khusus yang dimiliki seseorang atau suatu badan usaha untuk menjual kembali suatu produk maupun jasa atau layanan yang telah ada. Sistem bisnis Franchise pertama kali muncul sekitar tahun 1950-an yang pada mulanya berasal dari bengkel atau dealer motor yang menyediakan spare part berlisensi.

Bisnis franchise dapat dilakukan dengan menggunakan dasar perjanjian yang sudah disepakati secara tertulis oleh kedua belah pihak ataupun dengan melalui perjanjian di bawah tangan. Namun secara garis besar, bisnis franchise merupakan peraturan oleh salah satu pihak yang memiliki franchise. Agar dapat dipindah tangankan kepada orang lain baik itu di jual maupun di sewakan dengan melalui suatu perjanjian seperti franchising dan lain sebagainya.

Strategi Menambah Gerai Waralaba

Menganalisa gerai yang sudah ada.

Analisa yang dilakukan adalah untuk mengetahui prosentase dalam pencapaian target proyeksi bisnis. Catat berapa persen yang melebihi proyeksi dan berapa yang kurang. Bila sudah mencapai 70% maka franchise tersebut bisa dikatakan sukses.

Mapping lokasi gerai yang sudah berjalan.

Mapping ini untuk menganalisa adanya kemungkinan market share. Dengan pemetaan yang tepat akan membantu anda untuk menemukan wilayah yang belum tercakup dalam peta bisnis anda.

Evaluasi dukungan franchisor.

Anda harus mengetahui apakah infrastruktur franchisor sudah memadai untuk memberikan dukungan kepada pencapaian performa gerai franchise. Keberadaan franchisor akan mendapat pengakuan ketika dia mampu memberikan layanan dan dukungan terhadap gerai mitra. Memberikan support yang intensif akan mendorong pencapaian gerai yang maksimal.

Source https://zahiraccounting.com/id/ https://zahiraccounting.com/id/blog/memahami-sistem-bisnis-waralaba/ https://zahiraccounting.com/id/blog/strategi-jitu-mengembangkan-gerai-waralaba/
Comments
Loading...