Strategi Pertahankan Pasar Bisnis Waralaba Coklat

Strategi Pertahankan Pasar Bisnis Waralaba Coklat

Di negara beriklim tropis dengan dua musim, kemarau dan penghujan, bisnis minuman punya daya tarik tersendiri. Beberapa tahun terakhir, musim panas datang lebih lama. Seperti yang terjadi sekarang. Mengusir dahaga dengan segelas minuman dingin manis tentu akan melegakan saat panas menerpa.

Itulah sebabnya, pasar minuman dingin sangat potensial di negeri ini. Salah satunya adalah minuman cokelat. Jenis minuman ini memang punya banyak keunggulan. Selain rasanya yang khas, cokelat memang salah satu bahan baku yang aman bagi semua kalangan.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai cokelat. Tak heran, bisnis minuman cokelat tak pernah pudar, biarpun bermunculan jenis minuman baru lainnya. Luasnya ceruk pasar minuman cokelat, seharusnya membuat bisnis sangat potensial.

Apalagi, minuman ini bisa berpadu dengan berbagai bahan lainnya untuk menciptakan variasi menu. Oleh karena itu, peluang bisnisnya juga cukup besar. Erwin Halim, pengamat usaha dari Proverb Consulting menilai, potensi bagi peluang bisnis minuman cokelat masih bagus.

Penjualan minuman cokelat masih cukup baik dan peminatnya masih tinggi. Ia pun menyarankan, pemilik bisnis untuk lebih gencar menyiapkan strategi agar bisnis bertumbuh dan membuat pasar atau keinginannya tetap ada. Dengan membuat issue atau membuat ulasan tentang bisnis minuman cokelat.

Senada, Djoko Kurniawan, konsultan usaha juga mengungkapkan jika  peluang bisnis minuman cokelat masih besar. Untuk menggenjot bisnisnya, para pemain juga harus pandai mengatur strategi. Maklum, persaingan dari jenis minuman baru membuat persaingan bisnis ini ketat.

Pemain harus bisa memberikan edukasi soal produk kepada konsumen. Mereka harus bisa menjelaskan soal kualitas cokelat dan manfaat yang terkandung dari cokelat bagi kesehatan. Pengenalan produk secara online di media sosial juga penting untuk dilakukan.

Bagi mitra, Djoko menyarankan untuk ikut melakukan kegiatan marketing skala lokal. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness. Selain itu, mitra juga wajib menjaga kualitas produk dan layanan sesuai standar pusat.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/aroma-peluang-secangkir-coklat-masih-melekat-kuat
Comments
Loading...