Syarat Wajib Membangun Bisnis Franchise

Syarat Wajib Membangun Bisnis Franchise

Bisnis franchise merupakan salah satu dari beberapa konsep pengembangan bisnis yang banyak digunakan untuk mengembangkan usaha dengan pola yang saling menguntungkan.

Ciri Khas Usaha

Sebuah bisnis franchise harus memiliki ciri khas usaha. Dimana usaha tersebut harus memiliki keunggulan atau perbedaan yang tidak mudah ditiru dibanding dengan usaha lain yang sejenis. Sehingga memudahkan konsumen untuk selalu mencari ciri khas tersebut.

Terbukti Menguntungkan

Bisnis franchise sudah terbukti memberikan keuntungan. Artinya franchisor telah memiliki pengalaman kurang lebih 5 tahun dan telah mempunyai kiat-kiat sukses berbisnis untuk mengatasi masalah-masalah dalam perjalanan usahanya.

Standar Pelayanan Barang dan Jasa

Hal ini dilakukan agar para franchisee bisa melaksanakan usaha dalam kerangka kerja yang jelas dan sama sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP). Dengan adanya SOP, maka Anda dapat merasakan standarisasi pelayanan dan produk yang sama antara outlet yang satu dengan yang lainnya.

Mudah Diaplikasikan

Bisnis franchise harus mudah diaplikasikan oleh para franchisee yang belum berpengalaman, sehingga mereka bisa melaksanakannya dengan baik sesuai dengan bimbingan operasional dan manajemen yang berkesinambungan dengan franchisor. Poin ini sangat penting untuk diperhatikan. Karena bisnis yang rumit akan sulit untuk diwaralabakan. Kesulitan dalam mengajarkan akan berimbas pada omset dan juga keuntungan bagi peneriman waralaba.

Didukung Oleh Franchisor

Franchisor wajib memberikan dukungan yang berkesinambungan kepada para franchisee. Ini wajib dilakukan secara terus menerus. Misalnya seperti survey lokasi pada saat franchisee baru pertama kali join. Setelah itu dilanjut dukungan dari desain atau bentuk outletnya yang sesuai dengan standar franchisor.

Hak Kekayaan Intelektual

Sebuah bisnis franchise harus memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang telah terdaftar. Misalnya seperti merek, hak cipta, paten, dan rahasia dagang. Semua itu harus sudah didaftarkan dan mempunyai sertifikat atau sedang dalam proses pendaftaran di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Source bisniswaralaba.id
Comments
Loading...