Tahun 2014 Omzet Waralaba Naik

Tahun 2014 Omzet Waralaba Naik

Ketua Komite Tetap Waralaba Lisensi dan Kemitraan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Amir Karamoy memperkirakan tahun 2014 jenis usaha bidang kesehatan bakal membanjiri pangsa pasar waralaba. Pasalnya, program Kartu Jakarta Sehat akan mampu memberikan kontribusi bagi keuntungan waralaba tersebut.

Usaha jenis kesehatan, kuliner, travel, pendidikan, ritel, akan meramaikan waralaba di Indonesia dan omzetnya kira-kira Rp 50 triliun, meningkat dari tahun ini Rp 40 triliun. Mulai dari perusahaan bonafit sampai perusahaan kecil akan masuk dalam waralaba.

Kendati demikian, Amir khawatir bisnis waralaba tahun depan diprediksi akan menurun dari segi jumlah investor. Penyebabnya adalah aturan waralaba yang hingga saat ini belum jelas dari pemerintah. Franchise kualitas baik tapi kuantitas menurun karena regulasi, sebagian berpindah dari license dan kemitraan mereka menghindar dari peraturan besar, sehingga memperoleh peluang bisnis dan juga nilai jual tinggi.

Bukan hanya itu, hingga ini baru ada 216 waralaba lokal yang mempunyai Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW). Artinya banyak bisnis kemitraan masih belum resmi. STWP 216 yang baru dapat, itu masih sebagian kecil dari 2.000 sekian.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/tahun-depan-omzet-waralaba-naik-meski-terhambat-aturan.html
Comments
Loading...