Tahun 2018, Pertumbuhan Industri Waralaba 10%-20%

Tahun 2018, Pertumbuhan Industri Waralaba 10%-20%

Pertumbuhan penjualan waralaba hingga akhir tahun 2018 diperkirakan mencapai 5% – 6%. Angka tersebut terbilang stagnan, namun menurut Andrew Nugroho, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), capaian tersebut cukup baik mengingat kondisi ekonomi makro yang fluktuatif.

Industri waralaba diperkirakan mampu mencetak transaksi Rp 7,5 triliun  pada tahun 2018 ini. Angka tersebut lebih tinggi dari transaksi tahun lalu yang mencapai Rp 7 triliun. Menurut Andrew, pertumbuhan ekonomi tanah air tahun 2018 yang cenderung melambat, serta fluktuasi nilai tukar rupiah, tidak mempengaruhi perkembangan bisnis model waralaba. Sehingga bisnis dengan model waralaba masih bisa terus tumbuh.

Andrew menjelaskan jika bisnis waralaba di sektor kuliner memang paling banyak diminati setiap tahunnya. Selain karena pasar bisnisnya yang luas, nilai investasi yang ditawarkan juga beragam. Modal yang diperlukan untuk mendirikan bisnis waralaba kuliner juga terjangkau, dibandingkan dengan sektor lainnya.

Hingga saat ini, bisnis kuliner masih menjadi yang paling populer. Banyak pengusaha menawarkan kemitraan usaha kuliner. Merek-merek usaha baru ataupun jenis makanan baru juga banyak bermunculan. Legit dan gurihnya bisnis kemitraan di sektor kuliner juga diakui oleh salah satu pemain besar di sektor ini, Es Teler 77.

Project Manager Es Teller 77, Irman Febrianto mengakui, bila sektor kuliner merupakan bisnis yang tidak akan mati dimakan zaman. Potensi pasar yang digarap juga lebih luas dibanding sektor yang lain. Hingga akhir tahun ini, Es Teler 77 menargetkan pembukaan 40 gerai baru. Irman mengatakan sampai saat ini, sudah tercapai sekitar 90% dari target.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/2018-pertumbuhan-industri-waralaba-10-20
Comments
Loading...