Tips Berbisnis Makanan Dari Para Pakar Pelaku Waralaba

Tips Berbisnis Makanan Dari Para Pakar Pelaku Waralaba

Saat ini bisnis di bidang makanan memang sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal tersebut dipengaruhi oleh sifat masyarakat yang cenderung dinamis. Mereka selalu menginginkan sesuatu dengan mudah, cepat dan instan. Terlebih lagi masalah makanan yang notabenenya merupakan kebutuhan primer manusia.

Tak ayal semua orang berbondong-bondong untuk berbisnis makanan dan akhirnya pun kini telah bertebaran dimana-mana dan tak cuma di pusat-pusat kota saja melainkan di desa, kampung, pinggiran kotapun gaya hidup semua masyarakatnya tak jauh berbeda. Hal itu dipengaruhi juga karena masyarakat saat ini pola hidupnya memang menjadi lebih konsumtif.

Sekarang berbisnis makanan pun sudah makin berkembang seperti munculnya usaha makanan waralaba yang kini sedang banyak digeluti oleh para pelaku usaha. berbisnis makanan dengan konsep waralaba sendiri sebenarnya susah-susah gampang. Walaupun memiliki tingkat permintaan tinggi, pelaku usaha tetap dituntut berinovasi demi menjaga ketertarikan pembeli.

Bije Widjajanto, Konsultan Waralaba yang juga pengurus Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), mengungkapkan semakin banyaknya pelaku usaha di bidang franchise makanan, hal ini pula akan membuat persaingan semakin ketat. Tak sedikit, banyak pelanggan cepat berpindah ke franchise baru.

Kemudian selain banyak saingan, kendala bisnis makanan juga ada pada selera konsumen yang berubah-ubah.  Selain menyuguhkan keunikan, cita rasa dari sebuah makanan tak boleh dihilangkan. Maksudnya, makanan itu harus mampu membuat orang ingin kembali datang untuk membeli.

Faktanya, saat ini, banyak usaha yang menyuguhkan keunikan, namun hanya bisa menjaring konsumen untuk sesaat. Usai mencoba sekali karena rasa penasaran, konsumen pun tidak pernah kembali lagi. Agar bisa tetap bertahan dalam dunia bisnis franchise makanan, Bije menyarankan agar para pelaku bisnis bisa menonjolkan ciri khas mereka.

Kemudian terkait tempat usaha, menurut Bije pelaku usaha harus membuatnya multifungsi. Artinya, selain tempat makan, bisa juga difungsikan untuk merayakan pesta ulang tahun atau pertemuan bisnis. Tempat pun merupakan suatu hal penting selain produk. Apabila tempatnya tak menarik, maka tidak akan membuat konsumen nyaman untuk datang kembali.

Source https://www.bernas.id/ https://www.bernas.id/46628-ini-dia-tips-bisnis-makanan-dari-para-pakar-pelaku-waralaba-.html
Comments
Loading...