Tips Cerdas Memulai Bisnis Franchise

Tips Cerdas Memulai Bisnis Franchise

Semua orang pasti ingin sukses dengan usahanya sendiri. Tetapi, ada kalanya kita bingung menentukan bisnis apa yang akan dibangun. Bisnis waralaba atau franchise bisa menjadi salah satu solusinya. Dengan adanya bisnis franchise ini, Anda tidak perlu memikirkan sistem bisnis yang akan dijalankan sehingga lebih mudah untuk mengelolanya.

Di Indonesia sendiri, bisnis franchise semakin meluas dan berkembang pesat. Ada berbagai bisnis franchise yang ditawarkan, Anda bisa memilih yang sesuai dengan minat Anda. Tetapi sebelum memulai bisnis ini, ada 5 tips memulai bisnis franchise di bawah ini.

Sesuaikan Bisnis dengan Passion

Banyak pilihan bisnis yang ditawarkan dalam bisnis franchise. Mulai dari kuliner, kafe, restoran, salon, hingga mini market. Sesuaikan pilihan investasi pada bidang yang benar-benar Anda minati dan kuasai, baik dari segi pengetahuan, target pasar, serta rencana promosi dan pengelolaannya. Menjalankan bisnis sesuai passion atau minat, akan memperkuat Anda untuk lebih bertahan dalam menghadapi tantangan bisnis.

Kenali Franchise yang Ingin Dibeli

Sebelum memilih franchise yang akan dibeli, kenali brand, ketentuan fee dan sistem franchise dengan seksama.  Setiap perusahaan franchise pastinya sudah memiliki standar operasional yang ketat sebagai upaya untuk menjaga brand awareness mereka. Semakin ketat dan baik sistem dalam franchise tersebut maka semakin layaklah untuk dipilih.

Selain sistem, pertimbangan lainnya dalam memilih franchise adalah masalah fee, biasanya setiap franchisor memiliki aturan tersendiri dalam hal pembagian fee. Teliti dan pelajari sistem pembagian fee tersebut agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari. Pelajari juga, indikasi atau kemungkinan franchisor untuk mengubah kebijakannya di waktu mendatang.

Kenali Potensi Pasarnya

Setelah mengecek bisnis franchise yang Anda pilih, ketahui juga segmen pasar bisnis tersebut. Jangan sampai segmen pasar yang ada berbeda dari target selama ini. Kenali daya beli, kebutuhan, dan minat dari masyarakat setempat terhadap produk yang Anda pilih. Memiliki analisa tentang potensi atau segmentasi pasar ini sangat penting, karena terkait dengan ketepatan pengembalian modal bisnis yang akan Anda jalankan dan berapa lama bisnis tersebut dapat bertahan.

Siapkan Modal yang Cukup

Ada banyak pilihan franchise yang bisa dijadikan alternatif untuk berinvestasi, mulai dari yang paling kecil modalnya hingga yang paling besar. Namun perlu di pahami bahwa tidak selamanya kesuksesan berbisnis franchise ditentukan oleh besar kecilnya modal, akan tetapi ditentukan oleh kreativitas dan inovasi.

Persiapkan modal bisnis dengan baik. Jangan hanya bersandar pada simulasi hitungan modal yang diberikan pewaralaba. Kenyataannya dalam setiap proses bisnis, terkadang modal yang dibutuhkan bisa jadi membengkak di luar perkiraan, sehingga proses pengembalian modal menjadi lebih lama dari yang di harapkan.

Pilih Lokasi Strategis

Pastikan lingkungan lokasi yang dipilih adalah lingkungan dari orang-orang yang menjadi sasaran bisnis dan memiliki lokasi yang strategis. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan jenis bisnis, target pasar, dan potensi bisnis di wilayah tersebut. Misalnya jika ingin berbisnis café, biasanya target pasarnya adalah mahasiswa, karyawan, dan komunitas.

Maka dari itu, pilihlah lokasi café di dekat kampus dan kawasan perkantoran. Pertimbangkan secara seksama, apakah perlu untuk membeli lokasi bisnis atau hanya sekedar menyewa. Jika belum cukup dana untuk membeli, lebih baik menyewa terlebih dahulu.

Source https://www.jurnal.id/id/ https://www.jurnal.id/id/blog/2018/5-tips-cerdas-untuk-memulai-bisnis-franchise
Comments
Loading...