Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat di Bulan Ramadan

Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat di Bulan Ramadan

Saat mengincar bisnis musiman sebaiknya menyasar target pasar tertentu sejak awal bisnis dengan memilih produk yang lebih tepat. Dalam kasus ini yaitu menyasar umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa dan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Namun, masih banyak tips dalam memilih bisnis waralaba agar Anda tidak merugi nantinya

Tentukan Bidang yang Anda Minati

Sebelum Anda memilih bisnis waralaba, telusuri terlebih dahulu minat dan keterampilan Anda. Jangan sampai Anda memilih bidang yang tidak Anda sukai dan kuasai, karena tidak akan berujung kesuksesan. Seperti pepatah “The only way to do great work is to love what you do”, kesuksesan hanya dapat dicapai jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan.

Jika Anda gemar memasak, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli franchise sebuah produk makanan atau minuman di bulan Ramadan ini. Salah satu kelebihan bisnis waralaba adalah Anda dapat menyumbangkan ide-ide menarik yang menurut Anda akan memperbesar bisnis Anda yang tidak dapat Anda sampaikan saat Anda bekerja di sebuah perusahaan. Jika Anda memahami minat dan kemampuan Anda, maka Anda dapat memberi kontribusi lebih dalam pengembangan bisnis waralaba yang Anda jalani.

Perhitungkan Biaya Bisnis yang Dibutuhkan

Jika sudah menentukan bisnis waralaba yang Anda inginkan, maka Anda harus mulai memperhitungkan berapa banyak biaya yang harus Anda siapkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Bisnis waralaba tentunya beragam dari yang membutuhkan modal sedikit hingga modal yang sangat besar.

Yang perlu diingat adalah modal besar belum menjamin kesuksesan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan keunikan produk atau jasa yang akan ditawarkan dan mencari tahu bagaimanakah potensi bisnis waralaba tersebut melalui kinerja cabang-cabang lainnya. Jika ternyata bisnis waralaba yang Anda pilih sudah berdiri sejak lama dan terus berkembang di seluruh dunia, mungkin terdapat potensi besar di baliknya.

Pahami Bisnis Waralaba yang Akan Anda Jalani

Kenali dan pahami bisnis waralaba Anda mulai dari brand-nya, bagaimana sistem operasionalnya, aspek finansialnya, hingga bagaimana sistem pemasaran atau marketingnya. Umumnya, franchisor memiliki peraturan dan standar operasional yang ketat dan tertata agar brand yang telah ia bangun tidak akan rusak oleh pihak franchisee.

Semakin jelas dan ketat sistem yang telah disediakan, maka bisnis waralaba tersebut lebih pantas untuk dipertimbangkan. Selain itu Anda juga harus memahami bagaimana sistem pembagian keuntungan ataufee yang diterapkan agar tidak dirugikan.

Sistem pemasaran atau marketing. Anda perlu memahami sistem pemasaran yang baik dan sesuai bagi produk Anda, karena tidak peduli seberapa bagus produk atau jasa yang ditawarkan, produk tidak akan terjual dengan sendirinya tanpa sistem pemasaran yang baik.

Jalani dengan Fokus dan Pantang Menyerah

Tips terakhir adalah jangan pernah menyerah dan tetaplah semangat dalam menjalani bisnis Anda. Dalam bisnis tentunya ada berbagai masalah dan hambatan, tapi semua itu dapat Anda lalui jika Anda fokus dan semangat menjalaninya.

Usaha yang baik belum tentu sukses dalam semalam, namun kesuksesan dapat dicapai dengan langkah yang perlahan namun pasti. Kembangkan bisnis Anda dengan bertahap dan tetap fokus pada intinya, sehingga bisnis Anda dapat berkembang sebagaimana mestinya.

Source https://www.finansialku.com/ https://www.finansialku.com/bisnis-waralaba-di-bulan-ramadan-2018/
Comments
Loading...