Tips Memilih Lokasi Strategis Untuk Bisnis Waralaba

Tips Memilih Lokasi Strategis Untuk Bisnis Waralaba

Lokasi adalah poin yang sangat krusial untuk sebuah bisnis, terlebih bisnis franchise. Memilih lokasi tentu bukan perkara mudah. Pasalnya, lokasi yang tepat sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis.

Bahkan pernah dijumpai sebuah brand waralaba kelas dunia harus dipaksa tutup gara gara lokasi yang kurang tepat. Tentu salah menentukan lokasi akan berimbas pada penjualan dan tingkat ROI didalam bisnis.

Salah satu keputusan yang sangat penting sebelum memulai bisnis waralaba adalah memilih lokasi yang strategis. Karena lokasi ikut berperan menentukan tingkat kesuksesan usaha. Jika tidak atau belum memiliki bayangan seberapa strategis lokasi yang ingin dipilih, sebaiknya meminta kepada franchisor untuk memberi gambaran tentang lokasi itu atau mintalah nasehat kepada franchisor dimana sebaiknya lokasi yang tepat untuk usaha.

Biasanya, franchisor melakukan studi (riset) pasar sebelum memberikan persetujuan kepada franchisee. Riset Pasar menjadi penting untuk mengukur potensi usaha. Tidak ada salahnya jika meminta lebih rinci gambaran dan potensi lokasi yang direncanakan.

Beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi

  1. Kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk menjadi salah satu indikator besarnya potensi pasar usaha yang ingin digeluti. Bisa menanyakan kepada franchisor kriteria lokasi seperti apa yang tepat untuk usaha tersebut.
  2. Penghasilan. Jika kepadatan penduduk tidak linear dengan daya beli masyarakatnya, maka berarti lokasi tersebut tidak tepat. Karena itu, perlu dicermati bagaimana penghasilan penduduk di area pemasaran.
  3. Jumlah usaha. Memastikan melihat usaha yang berada di lokasi yang akan dipilih. Meneliti kompetitor di dekat lokasi yang akan dipilih.
  4. Tempat. Beberapa tipe tempat yang bisa dipilih untuk usaha seperti mall, sentra usaha, perumahan, pinggir jalan dan sebagainya. Perlu menanyakan, apakah kebanyakan franchisee yang sukses berada di lokasi mall, ruko, pemukiman penduduk, dll. Franchisor harus dapat memberikan informasi mengenai tipe-tipe tempat ini.
  5. Jumlah Traffic. Berapa banyak kendaraan yang lalu lalang di lokasi itu per harinya ? Apakah orang yang lalu lalang akan dapat melihat signboard ? Apakah lokasinya mudah diakses ?
  6. Pusat kedatangan. Jika lokasi berada di bagian mall, kebanyakan pusat lalu lalang yang terbaik yaitu di outlet-outlet makanan.
  7. Akses karyawan. Bisa saja lokasi yang jarak tempuhnya sangat jauh menjadi kontra produktif buat karyawan. Karena itu, lokasi sebaiknya terbilang cukup dekat dengan akses kendaraan umum untuk mempermudah karyawan dalam bekerja.
  8. Kompetisi. Mempertimbangkan tingkat kompetisi usaha yang ingin dijalankan. Jika di lokasi tersebut sudah jenuh dengan usaha yang menawarkan produk sejenis, bisa jadi lokasi itu menjadi tidak strategis.

 

Source Tips Memilih Lokasi Waralaba Tips Memilih Lokasi
Comments
Loading...