Tips Sebelum Membuka Bisnis Waralaba Kuliner di Akhir Tahun

Tips Sebelum Membuka Bisnis Waralaba Kuliner di Akhir Tahun

Di saat sebagian besar orang memilih untuk berlibur pada masa-masa ini, ada juga beberapa orang yang memanfaatkannya untuk memulai bisnis. Selain waktunya cukup sengang, keuntungan pun diprediksikan semakin besar di akhir tahun. Terutama kalau pelaku bisnis ini membuka usahanya di kawasan wisata.

Bagi pemula, tidak perlu khawatir akan kalah saing dengan franchisor kelas atas. Usaha kecil-kecilan pun dapat memberi laba besar. Salah satu bidang yang masih diminati adalah kuliner. Bisnis waralaba makanan menjadi primadona selama beberapa tahun terakhir. Sebelum memulai bisnis di bidang kuliner, simak terlebih dahulu tiga poin penting di bawah ini.

1. Riset Sejarah Pewaralaba (Franchisor)

Sebagai pemula, calon mitra harus mengetahui sejarah franchisor incaran. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan di antaranya sudah berapa lama usaha franchise tersebut berdiri, reputasinya selama usaha berjalan, hingga prestasi-prestasi yang telah diraih. Contohnya, cari bisnis waralaba yang sudah berjalan selama atau lebih dari tiga tahun. Sebab, bisa dipastikan pewaralabanya telah melewati masa-masa krusial sebagai pemula.

Sebagai informasi tambahan, calon mitra juga dapat membaca beberapa ulasan dari pelanggan yang sudah berkunjung ke gerai franchise atau mencoba produknya. Riset awal seperti ini sangatlah penting untuk memulai bisnis waralaba pertama.

2. Kualitas Produk

Dalam bidang kuliner, produk yang dimaksud tentunya makanan. Mungkin Anda akan kebingungan, karena banyaknya jenis makanan yang dijual oleh para franchisor. Maka, untuk memulai usaha waralaba di bidang ini, pilihlah produk yang bisa dinikamati oleh semua umur dari berbagai macam kalangan. Sehingga, target penjualan pun akan semakin luas.

Namun, selain hal tersebut, mitra harus memeriksanya langsung. Apakah makanan dari gerai franchise tersebut aman untuk dikonsumsi—terutama anak-anak dan manula. Pastikan tidak terlalu banyak bahan pengawet yang terkandung di dalamnya. Kita tidak mau para konsumen nantinya berkurang karena makanan yang tidak sehat atau higienis, bukan?

3. Menentukan Lokasi

Lokasi berjualan pun akan sangat menentukan bisnis waralaba yang digeluti. Jadi, sebelum memulainya, bisa terjun langsung ke lapangan untuk mencari lokasi yang tepat. Jika memilih usaha franchise dengan media yang bisa dipindahkan (seperti gerobak atau food truck), tempat berjualan yang tepat adalah kawasan yang ramai. Di antaranya adalah sekolah, mal, atau perkantoran.

Sementara itu, kalau mitra menggeluti bisnis waralaba di lokasi tetap, usahakan tempat yang dipilih cukup strategis dan dilewati banyak orang. Pastikan harga sewa tempatnya pun tidak menyedot keuntungan usaha. Salah satu tempat yang sering digunakan untuk bisnis ini adalah food court yang tersedia di mal-mal besar, karena jumlah pengunjungnya cukup banyak.

Source Tips Sebelum Membuka Bisnis Waralaba Kuliner di Akhir Tahun Tips Sebelum Membuka Bisnis Waralaba Kuliner di Akhir Tahun
Comments
Loading...