Tren Digitalisasi Tumbuhkan Bisnis Waralaba

Tren Digitalisasi Tumbuhkan Bisnis Waralaba

Perhimpunan Waralaba dan Lisensi lndonesia (WALI) menilai maraknya aplikasi digital mampu menumbuhkan bisnis waralaba terutama pada sektor makanan dan minuman. Ketua Umum WALI Levita Supit mengatakan, trend digitalisasi pada merek waralaba seperti e-commerce atau marketplace semakin diminati.

Dampak dari digitalisasi tersebut memberikan multiplier effect kepada sektor bisnis lainnya seperti Iogistik dan jasa pengiriman barang. Bisnis waralaba masih direspons baik oleh masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Peningkatan bisnis waralaba dari tahun ke tahun biasanya sekitar 5-10%.

Prospek bisnis waralaba Indonesia sangat potensial sehingga banyak waralaba asing yang mengincar masuk ke pasar dalam negeri. Meski begitu, WALI tetap mendorong waralaba lokal untuk bisa Go global dengan memberikan pelatihan bagi pelaku usaha waralaba yang ingin melebarkan sayap ke kancah internasional.

Sementara Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno mengatakan, hanya segelintir merek waralaba Indonesia yang dikenal di luar negeri. Beberapa di antaranya hanya dikenal sebagai makanan seperti rendang dan satai.

Pameran yang diselenggarakan oleh Reed Panorama Exhibitions (RPE) ini menawarkan solusi bisnis yang terintegrasi dan terlengkap baik bagi pihak investor maupun pengusaha yang bergerak di ketiga industri tersebut.

Sebanyak 5 paviliun negara, serta 450 brand dari 18 negara ikut serta dalam pameran yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada 8-10 September 2017. Franchise & License Expo Indonesia telah memasuki edisi ke 15, dimana tahun ini acara ini diselenggarakan bersamaan dengan Café & Brasserie Indonesia & RetaiI Sqution Expo Indonesia.

Source https://ekbis.sindonews.com/ https://ekbis.sindonews.com/read/1235334/34/tren-digitalisasi-tumbuhkan-bisnis-waralaba-1504092085
Comments
Loading...