Peluang Usaha Baso Tulang Sumsum Hakami

Usaha Baso Tulang Sumsum Hakami

Bakso merupakan salah satu kuliner yang memiliki banyak penggemar dan sangat berprospek untuk dikembangkan, tidak heran meski banyak pelaku usaha kuliner bakso dengan berbagai konsep mulai dari gerobakan hingga resto namun semuanya tetap ramai diserbu pelanggan. Hal ini yang menginspirasi Muhammad Arif Rachman untuk membuka usaha kuliner Baso Tulang Sumsum (BTS) Hakami sejak tahun 2011 di kota Bogor, Jawa Barat.

Pelaku usaha kuliner bakso telah menjamur, pria yang kerap disapa Arif berinisiatif untuk melakukan inovasi dan memberikan nilai tambah dengan menghadirkan bakso tulang sumsum yang masih jarang ditemui.

Untuk mendirikan usaha kuliner Baso Tulang Sumsum Hakami Arif mengaku harus merogoh koceknya sebesar Rp 10 juta dari tabungannya yang digunakan untuk membuat gerobak, membeli peralatan masak, hingga bahan baku awal. Ide Arif untuk mendirikan Baso Tulang Sumsum Hakami berbuah manis, pasalnya dengan menu unik yang ditawarkan Baso Tulang Sumsum Hakami langsung diantre para penggemar bakso yang penasaran ingin mencoba menu bakso satu ini.

Keinginan untuk melebarkan sayap usaha serta banyaknya permintaan Arif memutuskan untuk menawarkan kerja sama waralaba bagi siapa yang tertarik menjadi mitra Baso Tulang Sumsum Hakami. Arif mempersiapkan segala yang diperlukan untuk mewaralabakan sebuah usaha seperti membuat SOP (standard operating procedure), mendaftarkan brand BTS Hakami ke Ditjen HAKI, dan telah memiliki sertifikasi Halal dari MUI. Kini Baso Tulang Sumsum Hakami telah memiliki 1 Terwaralaba yang berada di Bogor.

Baso Tulang Sumsum Hakami Aman Dikomsumsi

Baso Tulang Sumsum aman dikonsumsi oleh siapa pun karena dibuat tanpa menggunakan pengembang, pengering, dan pemutih yang berbahaya bagi kesehatan. Arif mengaku menggunakan bahan baku bakso dengan perpaduan daging sapi asli, urat, dan bumbu yang kaya akan rempah-rempah yang terdiri dari bawang putih serta lada yang lebih menonjol membuat bakso tidak berbau amis serta empuk ketika disantap.

Arif juga menggunakan bahan campuran berupa estrak rumput laut untuk mendapatkan tekstur kenyal yang alami dan tanpa pengawet.
Tulang sumsum sendiri termasuk barang terbatas di pasaran karena stoknya tergantung kepada berapa banyak sapi yang dipotong. Maka tak heran jika tulang sumsum selalu menjadi barang rebutan. Bagi pedagang bakso, tulang sumsum biasanya direbus bersama kuah bakso, dan berfungsi sebagai penambah cita rasa pada kuah. Terdapat beberapa bagian tulang yang mengandung sumsum. Semakin besar ukuran tulang, maka semakin banyak volume sumsum yang tersedia. Arif mengaku selalu menggunakan tulang kaki bagian atas yang memiliki volume sumsum lebih banyak.

Seporsi Baso Tulang Sumsum Hakami dengan tulang sumsum yang disajikan secara terpisah yang diberi sedotan, pelanggan cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 30-33 ribu. Arif mengaku mampu menjual hingga 50 porsi/hari, bahkan pada saat weekend bisa meningkat hingga 2 kali lipat.

Modal Usaha WaralabaBaso Tulang Sumsum Hakami

Terdapat 2 pilihan investasi yaitu Paket Reguler sebesar Rp 60 juta dan Paket Master sebesar Rp 100 juta. Perbedaan kedua paket tersebut adalah untuk Paket Reguler kontrak kerja sama berlaku selama lima tahun yang dapat diperoanjang dengan biaya sebesar Rp 30 juta, sedangkan Paket Master berlaku untuk selamanya. Paket Master terwaralaba boleh membuka gerai terlebih dahulu dengan 50% dari total investasi.

Dari kedua paket tersebut Terwaralaba akan mendapatkan fasilitas jualan lengkap, seperti peralatan masak, peralatan saji, promo, bahan baku, paket Training bagaimana mengelola warung bakso yang menguntungkan dan kaos promosi.

Investasi tersebut belum termasuk sewa tempat dan pengadaan meja dan kursi yang sesuai dengan standard kedai atau resto. Mitra Baso Tulang Sumsum Hakami diwajibkan membayar royalty fee sebesar 5% dari omset per bulan, dan membeli bahan baku berupa bakso, tulang iga, tulang sumsum, ayam berbumbu, serta bumbu kuah dari Pewaralaba tanpa minimal pembelian dengan ongkos kirim ditanggung Terwaralaba.

Mitra ditargetkan dapat balik modal kurang dari setahun yaitu hanya dalam 10 bulan. Dengan target penjualan 100 porsi/hari dan harga jual Rp 33 ribu, mitra dapat meraup omset sebesar Rp 33 juta. Setelah dikurangi biaya operasional dan pembelian bahan baku maka Terwaralaba akan mengantongi keuntungan bersih sebesar Rp 6-10 juta/bulan.

Prospek dan Promosi

Prospek dari usaha Baso Tulang Rusuk Hakami sangat menjanjikan bahkan sejak pertama dimitrakan Arif mengakui sudah memiliki 1 mitra dan akan bertambah tiga lagi pada tahun ini.

Sejak pembukaan gerai pertamanya Arif rajin melakukan promosi baik dengan brosur, banner, maupun spanduk, ia juga kerap mengadakan promo minuman gratis. Sedangkan untuk segi bisnisnya, pihak Bakso Tulang Sumsum Hakami selalu memberikan dukungan marketing teerhadap Mitra-mitranya, dengan dibantu promosi baik melalui online maupun offline.

Kendala Usaha

Kendala yang dialami Arif yaitu dalam menjalankan konsep kemitraannya dia kerap menemui kendala dalam hal komunikasi dengan mitra usaha. Pasalnya sering kali ia mendapati mitra usaha yang cukup sibuk mengurusi hal lain, sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk berkomunikasi dengannya.

Contoh Baso Tulang Sumsum Hakami

Info Lebih Lanjut Hubungi

Baso Tulang Sumsum Hakami
Komplek Tatya Asri, Cluster Baluwarti B4 No 27 Cijujung, Bogor
Tlp. 08988892709
Pin BB. 5894F8FF
Web. http://waralababasohakami.blogspot.co.id

Source Usaha Baso Tulang Sumsum Hakami Baso Tulang Sumsum Hakami
Comments
Loading...