Usaha Franchise Minuman Coklat Magic

Usaha Franchise Minuman Coklat Magic

Cokelat tidak hanya sebagai bahan makanan saja, tetapi juga bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan dan banyak digemari masyarakat. Peluang bisnis ini ditangkap oleh Fahrul Ubed dengan mendirikan usaha Coklat Magic pada Maret 2015 di bilangan Darmo, Surabaya, Jawa Timur. Sebelumnya Fahrul sudah terlebih dahulu menjalankan usaha kedai kopi, namun karena banyak pelanggan yang meminta menu minuman cokelat akhirnya dia menjadi tertarik untuk membuka usaha minuman cokelat.

Modal mendirikan Coklat Magic sebesar Rp 10 juta yang digunakan untuk membuat booth, membeli peralatan usaha, membeli bahan baku, serta mengurus perizinan usaha. Sebelumnya Ubed mengaku mengaku melakukan trial and error selama 6 bulan sampai menemukan racikan minuman cokelat yang diinginkan.

Coklat Magic langsung diserbu pelanggan sejak pertama kali beroperasi. Melihat animo masyarakat yang begitu antusias, akhirnya hanya berselang 3 bulan Ubed membuka cabang ke-2 cokelat Magic. Kini Ubed telah memiliki 3 cabang yang terletak di Surabaya, Bojonegoro, dan Malang, Jawa Timur.

Keinginan mengembangkan usaha serta banyaknya permintaan membuat Ubed tertarik untuk menerapkan kerjasama kemitraan bagi siap saja yang tertarik menjadi mitra Coklat Magic. Sebelumnya Ubed terlebih dahulu melengkapi perizinan yang dibutuhkan seperti membuat SOP (Standard operating Procedure), mendaftarkan brand Coklat Magic ke Ditjen HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Kini Coklat Magic telah memiliki 6 mitra yang tersebar di Surabaya, Bojonegoro, Malang, Jakarta, dan Bogor.

Varian Rasa dan Harga Coklat Magic

Keunggulan Coklat Magic terletak pada kualitas rasa yang memiliki tekstur yang kental dan lembut di lidah memberikan kenyamanan pada pelanggan dalam menikmati Coklat Magic.

Coklat Magic menawarkan berbagai varian rasa minuman cokelat yang dapat dinikmati dalam keadaan dingin (ice) maupun panas (hot) seperti Choco Original, Choco Cincau, Choco Milk, Choco Pucino, Cappicono Anggur, Cappucino Melon, Cappucino Strawberry dan Choco Coffee. Selain minuman cokelat, Coklat Magic juga menawarkan varian minuman kopi seperti Coffee Original dan Coffee Milk.

Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau yaitu antara Rp 5-12 ribu/cup tergantung varian rasa yang dipilih. Hampir semua varian rasa Coklat Magic disukai para pelanggan. Dengan rasa yang berkualitas dan harga yang terjangkau maka tak heran bila Ubed mengaku mampu menjual sekitar 120 cup/hari dengan jam operasional mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam.

Peluang Bisnis Menjadi Mitra Franchise Coklat Magic

Ada 3 pilihan paket investasi yang ditawarkan Coklat Magic yaitu Paket Regular Rp 7 juta, Paket Silver Rp 9 juta, dan Paket Gold Rp 14 juta. Dari investasi tersebut mitra akan mendapatkan booth, peralatan usaha seperti blender, termos es batu, dispenser, pisau, gunting, serutan cokelat, ember, toples cokelat, tempat sus, tempat sedotan, bahan baku awal, seragam karyawan, dan media promosi berupa banner.

Yang membedakan antara paket satu dengan lainnya yaitu desain interior booth yang lebih bagus dan jumlah bahan baku yang didapatkan lebih banyak. Memberikan pelatihan cara membuat minuman cokelat sesuai dengan standar coklat Magi, dan bagi mitra di luar daerah akan diberikan buku panduan dan CD berisi video pembuatan. “Kalau ada yang kurang jelas bisa hubungi saya,” tambahnya.

Nominal tersebut belum termasuk sewa tempat dan berlaku untuk kontrak kerjasama selamanya. Mitra juga tidak dikenakan royalty fee sehingga semua keuntungan menjadi milik mitra sepenuhnya. Hanya saja mitra diwajibkan membeli bahan baku dari pusat seharga Rp 3400/cup sudah termasuk cup, serbuk cokelat, dan sedotan. “Tidak ada minimal pembelian, hanya saja jika mitra membeli lebih dari 250 cup maka akan mendapat potongan harga menjadi Rp 3250 per cup,” ujar Ubed.

Disinggung soal balik modal, Ubed menargetkan mitra balik modal dalam waktu 3 bulan. Dengan asumsi untuk mitra Paket Regular misalnya mampu menjual minimal 40 cup minuman cokelat dan 13 cup kopi, maka mitra akan meraup omset sebesar Rp 10,2 juta. Setelah dikurangi biaya pembelian bahan baku dan biaya operasional lainnya maka mitra akan mengantongi omset sebesar Rp 3,25 juta/bulan atau sekitar 30% dari omset. Untuk dapat mencapai target tersebut sebaiknya mitra mencari lokasi yang cocok seperti mall, kampus, atau sekolahan.

Kendala dan Promosi Usaha

Selama menjalankan usaha Coklat Magic, Ubed mengaku tidak mengalami kendala yang berarti. Hanya saja Ubed tidak menampik jika mitra kerap menghadapi kendala dalam menentukan lokasi. Sedangkan agar nama Coklat Magic semakin dikenal masyarakat Ubed gencar melakukan promosi mulai dari menyebar brosur hingga aktif di jejaring sosial. Kedepannya saya berencana untuk memasang iklan di media cetak dan mengikuti pameran waralaba.

Contoh Outlet Coklat Magic

Info Lebih Lanjut 

Coklat Magic
Jl. Pahlawan 162 Sumber Rejo Bojonegoro, Jawa Timur
Telp. 08121603260, 085257758188
Website: www.coklatmagic.com

Source Waralaba coklat magic Coklat Magic
Comments
Loading...