Usaha Waralaba Qobong Steak

Usaha Waralaba Qobong Steak

Selama ini steak disebut sebagai makanan kelas atas dengan harga yang wah. Anggapan tersebut yang coba ditepis Yanuar Eska Triyoga dengan membuka kedai pada April 2012 di daerah Sidomulyo, Jawa Timur. Pria yang hobi wisata kuliner ini menawarkan steak rasa bintang lima dengan harga kaki lima.

Yanuar merogoh kocek sebesar Rp 50 juta unutk membuka usaha Qobong. Modal tersebut Yanuar gunakan untuk sewa tempat, membeli peralatan usaha, dan bahan baku. Sebelumnya Yanuar mengaku melakukan uji coba resep selama dua bulan sampai mendapatkan cita rasa yang diinginkan.

Menyasar segmentasi menengah ke bawah dengan harga yang terjangkau membuat Qobong Steak mendapat respons yang positif dari masyarakat. Agar usahanya lebih cepat berkembang. Yanuar menerapkan kerja sama kemitraan bagi siapa saja yang tertarik menjadi Mitra Qobong Steak. Sebagai persiapan Yanuar bergegas membuat SOP (standard operating procedure), sayang hingga saat ini Qobong Steak belum memiliki perizinan apapun. Sejak dimitrakan pada November 2013, kini Qobong Steak telah memiliki 3 Mitra di Ungaran, Jawa Tengah.

Qobong Steak menawarkan aneka menu steak seperti Beef Steak, Sirloin Steak, Tenderloin Steak, Udang Steak, dan Chicken Steak. Selain varian menu steak, Qobong Steak juga menawarkan aneka menu lainnya seperti Spaghetti, Kwetiau, hingga Bakmi dengna harga terjangkau. Untuk dapat menikmati aneka menu steak pelanggan cukup merogoh kocek antara Rp 11-16 ribu per porsi tergantung steak yang dipesan, sedangakan untuk menu lainnya ditawarkan dengan harga mulai Rp 8-9 ribu/porsi.

Yanuar memangkas biaya produksi dengan cara menggunakan bahan baku daging sapi lokal. Menurut Yanuar sapi lokal selain harganya lebih terjangkau juga mudah dicari dan lebih fresh.

Dengan harga terjangkau dan rasa yang lezat, tidak heran bila Qobong Steak selalu ramai dikunjungi pelanggan. Disinggung soal omset Yanuar mengaku mampu meraup omset Rp 1,2 juta/hari atau sekitar Rp 36 juta/bulan dengan keuntungan bersih mencapai 40% dari omset.

Modal Usaha Franchise Yang Terjangkau

Investasi yang dibutuhkan untuk menjadi Mitra Qobong Steak sebesar Rp 10 juta. Dari investasi tersebut Mitra akan mendapatkan peralatan usaha lengkap, bahan baku awal, seragam, daftar menu, serta desain outlet. Tidak lupa Mitra akan diberikan training cara membuat steak.
Investasi tersebut di luar sewa tempat dan dekorasi ruangan serta berlaku untuk kontrak kerja sama selama tiga tahun yang dapat diperpanjang dengan membayar franchise fee sebesar Rp 10 juta untuk kontrak kerja sama selama tiga tahun berikutnya. Mitra juga akan diberikan pendampingan selama sebulan hingga menguasai semua operasional.

Yanuar menyarankan lokasi yang dipillih Mitra memiliki luas lahan minimal 200 m2 dengan lahan parkir. Menurutnya lahan parkir sangat penting dalam menarik pelanggan.

Mitra tidak perlu membeli bahan baku apapun dari Pewaralaba (pemilik merek) karena semua resep telah diajarkan. Selain itu Mitra juga tidak dikenakan biaya royalty fee sehingga semua keuntungan menjadi milik Mitra sepenuhnya, tidak heran bila Yanuar menargetkan Mitra bisa balik modal hanya dalam tiga bulan. Mitra diasumsikan mampu meraup omset minimal Rp 15 juta per bulan dengan keuntungan bersih sebesar Rp 6 juta/bulan atau 40% dari omset.

Untuk dapat mencapai target balik modal tersebut faktor lokasi sangat berpengaruh, Yanuar menyarankan Mitra memilih lokasi yang strategis. Seperti di pinggir jalan yang rama dilalui masyarakat, daerah wisata kuliner, perkantoran, atau kampus. Agar Mitra tidak salah pilih lokasi Yanuar terlebih dahulu melakukan survei ke lokasi yang diajukan Mitra.

Kendala dan Promosi Usaha

Kendala yang kerap dihadapi oleh Yanuar adalah masalah karyawan yang sering keluar masuk serta menjaga kualitas produk dan pelayanan pada pelanggan
Yanuar sadar setiap usaha pasti membutuhkan promosi agar cepat dikenal oleh masyarakat luas. Secara garis besar Yanuar membagi promosi menjadi dua jenis yaitu promosi secara online, dan promosi offline. Untuk online contohnya aktif di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Sedangkan promosi offline yaitu dengan cara membagikan brosur, memasang spanduk dan membagikan voucher diskon.

Info Lebih Lanjut

Qobong Steak
Jl. Ahmad Yani, Sidomulyo, Ungaran Timur, Jawa Tengah
Telp : 08562801431

Source waralaba qobong steak Qobong Steak
Comments
Loading...