Waralaba Aldo Mobilindo

Waralaba Aldo Mobilindo

Segala bentuk usaha bisa diwaralabakan. Salah satunya, usaha showroom mobil seperti Aldo Mobilindo. Usaha showroom mobil yang didirikan Olivia Antoni tahun 2003. Aldo yang bermarkas di Cilegon, Banten, ini menawarkan waralaba sejak akhir 2009.

Saat ini, sudah Aldo Mobilindo sudah menggaet 30 mitra. Mereka tersebar di Cengkareng, Bogor, Pekalongan, Yogyakarta Pangkalpinang, Padang, Banda Aceh, Makassar, Palembang, dan Bali. Satu mitra di Karawaci, baru buka bulan ini.

Mei 2011 nanti akan ada terwaralaba Aldo Mobilindo akan buka gerai di Madiun, Malang, Cikampek, Banten, dan Cirebon. Aldo Mobilindo tidak membatasi jumlah mitra di satu wilayah asalkan jarak satu mitra dengan mitra lain 5 hingga 10 km.

Aldo Mobilindo menawarkan penjualan mobil baru dan bekas, terutama mobil-mobil keluaran Jepang. Bila ada calon pembeli yang tertarik dengan mobil yang dipajang di showroom Aldo, ia bisa bernegosiasi dengan petugas Aldo. Namun, bila pembeli ingin jenis lain yang tidak dipajang di showroom, si calon pembeli dapat meminta petugas Aldo mencarikannya. Mitra Aldo akan menghubungi Aldo pusat untuk mencarikan mobil pesanan pembeli.

Dari satu unit mobil yang terjual, mitra dapat memperoleh Rp 5 juta -Rp 10 juta. Kekuatan Aldo Mobilindo ada di bagian pemasaran. Aldo menargetkan setiap tenaga pemasar menjual empat mobil per bulan. Saban bulan mitra harus menyetor Rp 1 juta ke Aldo pusat sebagai profit sharing.

Aldo menawarkan paket kemitraan Rp 45 juta untuk kerjasama selama tiga tahun. Mitra akan mendapat pendampingan dari buka waralaba hingga penjualan, pelatihan pemasaran, bimbingan bisnis, SOP, dan bantuan pengadaan kendaraan. Rancangan interior dan eksterior showroom pun termasuk dalam investasi tersebut. Mei mendatang nilai investasinya akan naik menjadi Rp 55 juta.

Selain membayar paket kemitraan, mitra harus menyediakan ruang showroom dengan lebar minimal tiga meter untuk memajang dua sampai tiga mobil. Showroom sebaiknya berlokasi di perumahan, ruko, atau pencucian mobil. Setiap mitra Aldo memerlukan tiga karyawan, terdiri dari satu kasir dan dua di bagian pemasaran.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar mempertanyakan keunikan Aldo Mobilindo. Syarat waralaba adalah keunikannya. Artinya, di antara banyak usaha yang sama tapi dia tidak mudah ditiru. Jika showroom mobil buka 24 jam, itu artinya dia tidak unik karena bisa ditiru banyak orang. Lokasi kemitraan Aldo pun, tidak bisa dibilang unik. Kalau permintaan calon mitra banyak, itu bukan ukuran waralaba.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

Aldo Mobilindo

Jl. Raya Cilegon No. 7 Depan SPBU Cibeber, Cilegon

Telp. 081905189113, 087871023137

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ http://peluangusaha.kontan.co.id/news/memajang-mobil-mengantongi-laba-dari-waralaba-showroom-1
Comments
Loading...