Waralaba Asing Merangsek Pasar Indonesia

Waralaba Asing Merangsek Pasar Indonesia

Di tengah kondisi ekonomi global yang belum kunjung pulih, ternyata waralaba asing masih terus berekspansi di Indonesia. Mereka terus menjaring mitra lokal lewat pameran waralaba. Seperti terlihat pada Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2016.

Dari total 350 peserta, sebagian besar merupakan waralaba asing. Sekitar 60% peserta adalah pemain asing. Pemain asing itu berasal dari Singapura, Thailand, Taiwan, Malaysia, China, Korea, Jepang, Australia, dan AS.

Misalnya, Hi-5 dari Singapura, Hokkaido Milk dan JD Pool dari Thailand, Let’s Popcorn dari Kuwait, Mad Max dari Australia. Namun, tak hanya merek asing berekspansi. Waralaba lokal juga kian berani menyerbu negara lain.

Levita G. Supit, Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) mengungkapkan, ada 20 merek waralaba asal Indonesia yang sudah menjangkau negara lain, seperti Malaysia, Filipina, Thailand, dan Timur Tengah.

Amir menyebut, waralaba lokal menyimpan potensi besar di pasar internasional. Tahun 2015 lalu, anggota WALI mencapai 1.500 merek dan terus bertumbuh 20% per tahun. “Total jumlahnya lebih dari 25.000 gerai. Sampai saat ini, sektor yang paling diminati ialah waralaba makanan dan minuman, dilanjutkan sektor jasa, seperti spa, perawatan tubuh, dan travelling.

Waralaba lokal masih punya kendala untuk ekspansi ke pasar mancanegara. Mereka butuh dukungan pemerintah. Dalam pameran kali ini, Panorama sebagai penyelenggara FLEI menargetkan transaksi hingga Rp 900 miliar atau naik dari tahun 2015 yang sebesar Rp 600 miliar.

Source http://jambi.tribunnews.com/ http://jambi.tribunnews.com/2016/09/03/waralaba-asing-merangsek-pasar-indonesia
Comments
Loading...