Waralaba Bakso Rajane

Waralaba Bakso Rajane

Masyarakat di negeri ini pasti pernah mengudap penganan khas tradisional Indonesia Bakso. Makanan berbentuk bola yang terbuat dari olahan daging ini digemari anak-anak hingga orangtua. Jika bisnis bakso semakin menjamur di tanah air. Dari konsep kaki lima hingga restoran.

Salah satu pelaku usaha yang mencicipi gurihnya bisnis bakso adalah Agus Rizky Sujarwo asal Purwokerto, Jawa Tengah. Merek dagangnya adalah Bakso Rajane. Agus bukan pemain baru di bisnis bakso. Ia telah berjualan bakso sejak 2010. Pada awalnya, bakso olahan Agus hanya jadi menu pelengkap restoran bebek goreng yang dijalankannya.

Karena banyak pelanggan yang suka, Agus mulai berani fokus berbisnis bakso. Sejak Mei 2015, Agus resmi menawarkan paket kemitraan. Saat ini, Agus telah memiliki dua gerai Bakso Rajane yang dikelolanya sendiri. Bagi calon mitra yang tertarik bergabung, Agus menawarkan tiga paket investasi.

Paket kios senilai Rp 20  juta, paket ruko Rp 40 juta dan paket resto Rp 80 juta. Dengan investasi sebesar itu, mitra akan dapat perlengkapan berjualan, seperti gerobak, kompor, mangkuk, sendok, garpu, panci, meja makan dan kursi, serta banner promosi.

Paket investasi itu sudah termasuk biaya franchise fee untuk jangka waktu tiga tahun. Selanjutnya mitra tidak dikenakan biaya lagi. Perbedaan paket investasi hanya terletak pada jumlah perlengkapan berjualan. Peralatan berjualan paket invetasi kios lebih sedikit dibandingkan paket ruko atau resto. Semua kebutuhan berjualan, kami sediakan. Jadi, usaha mitra bisa langsung jalan.

Selain itu, jumlah karyawan pada paket investasi kios hanya butuh dua orang. Sedangkan untuk paket ruko 4 orang dan paket resto 8 orang. Seluruh karyawan akan di beri pelatihan dari pusat. Tapi, mitra diperbolehkan mengajukan calon karyawan. Selanjutnya mitra hanya diwajibkan membeli bahan baku dari pusat.

Paket kios minimal butuh lahan 3 meter (m) x 4 m, yang nantinya dapat di sambung dengan tenda untuk pelanggan. Sementara untuk paket ruko minimal 5 m x 10 m sampai 5 m x 12 m, dan untuk paket resto minimal 300 m. Mitra hanya menyediakan tempat dan modal. Sisanya, pusat mengurus sampai usahanya berjalan.

Kelebihan Bakso Rajane adalah rasanya. Bahan baku bakso dipilih dari bahan baku berkualitas. Sebab, stok daging bakso dipasok Agus langsung dari rumah pemotongan hewan sapi. Selain itu, bumbu racikan untuk ras bakso dan kuahnya, juga terbuat dari bahan alami. Sehingga, Bakso Rajane memiliki ciri khas rasa.

Harga satu mangkuk bakso Rajane dibanderol Agus Rp 10.000 hingga Rp 17.000, bergantung jenis baksonya. Ada bakso super, bakso halus, bakso urat, bakso telur dan kombinasi tahu bakso. Satu gerai Bakso Rajane untuk paket kios bisa meraup omzet Rp 30 juta per bulan dengan  keuntungan bersih Rp 7,5 juta.

Sedangkan untuk paket ruko bisa mencapai Rp 50 juta sebulan dengan profit Rp  13 juta, dan paket resto Rp 90 juta dengan laba Rp 20 juta sebulan. Profit berkisar 20%-25% dari omzet sebulan. Agus menerapkan sistem bagi hasil dalam kemitraan ini. Porsi pembagian laba untuk mitra sebesar 70% dan pusat 30%. Dengan pendapatan sebesar itu, mitra diperkirakan balik modal kurang dari 1 tahun.

Pengamat waralaba Utomo Njoto menilai, yang pertama harus diperhatikan calon mitra adalah omzet usaha. Jika membuka usaha langsung, apakah benar mitra bisa mendapatkan omzet Rp 90 juta per bulan. Selain itu, harus diperhatikan waktu balik modal. Sebab, membangun sebuah brand tidak mudah. Butuh waktu tidak sebentar. Perlu waktu untuk dapat membangun sebuah brand, dan mitra harus berapa lama menunggu agar omzetnya bisa stabil.

Info Kemitraan

Bakso Rajane

Ruko Atrium

Jl Dr Angka No 9, Purwokerto, Jawa Tengah

HP: 08112816699

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/menggelinding-laba-dari-bakso-rajane
Comments
Loading...