Waralaba Bengkel Resmi Yamaha Service Shop ( YSS )

Waralaba Bengkel Resmi Yamaha Service Shop (YSS)

Calon wirausaha yang ingin membuka usaha ini harus mencari data jumlah sepeda motor dan bengkel yang tersedia. Menurut data dari AISI (Asosisasi Industri Sepeda Motor Indonesia) hingga juni 2010 jumlah penjualan sepeda motor sekitar 40 Juta Unit.

Menurut data AISI bengkel resmi Yamaha sekitar : 2.750 YSS. Jika di asumsikan Bengkel Non Resmi adalah 9 kali lipat bengkel resmi ( karena tidak ada data pasti jumlah bengkel Non Resmi) yaitu : 90.000 bengkel. Maka Total jumlah bengkel keselutuhan adalah : 100.000 (Seratus Ribu) bengkel. Berarti angka perbandingan jumlah kendaraan dan bengkel adalah : 1: 400. Artinya 1 bengkel melayani 400 sepeda motor.

Sehingga peluang usaha waralaba bengkel motor ini masih bisa di bilang cukup prospektif. Menurut pengamat otomotif Suhari Sargo, peluang bisnis ini masih prospektif hingga 10 tahun kedepan. Bagi yang tertarik membuka usah abengkel dengan sistem kerjasama kemitraan ataupun waralaba.

Banyak hal yang harus diperhatikan diantaranya : Kualitas Pelayanan pada pelanggan, Kelengkapan peralatan yang dimiliki bengkel, seberapa banyak mekanik, keahlian mekanik, berapa harga service yang dapat sisesuailan dengan lokasi dan kemampuan masyarakat sekitar. Calon Mitra harus menanyakan bagaimana support Pewaralaba.

Pada dasarnya usaha waralaba ini merupakan usaha duplikasi. Dengan demikian perlu juga diperhatikan tentang SOP ( Standart Operating Procedure ) untuk mencapai target dan balik modal yg ditetapkan. Hal yang penting juga adalah dukungan promosi baik iklan, promo service, hingga membuat website untuk mendongkrak popularitas.

Info Kemitraan

PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia

Jl.Raya Bekasi Km. 23, Pulo Gadung – Jakarta Timur

Telp : 021 2457-5555, 4607880

Website : http://www.yamaha-motor.co.id

Source http://ide2usahabisnis.blogspot.co.id/ http://ide2usahabisnis.blogspot.co.id/2013/02/peluang-usaha-waralaba-dan-kemitraan.html
Comments
Loading...