Waralaba Bimbel Extra

Waralaba Bimbel Extra

Tingginya tuntutan pencapaian bidang akademis di Indonesia membuat bisnis bimbingan belajar semakin berkembang. Bimbingan belajar yang dulunya dilakukan secara privat dari rumah ke rumah, kini berkembang menjadi sebuah lembaga. Fasilitas yang ditawarkan pun beragam, mulai dari jaminan lulus Ujian Nasional (UN) hingga masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit.

Tawaran kemitraan bimbingan belajar kali ini datang dari Bimbingan Belajar (Bimbel) Extra asal Tangerang, Banten. Berdiri sejak tahun 2008, Bimbel Extra mulai menawarkan kemitraan di tahun 2014. Tiga tahun menawarkan kemitraan, kini sudah ada empat gerai Bimbel Extra yang berdiri.

Rinciannya adalah dua gerai milik pusat dan dua gerai lagi milik mitra yang ada di Depok dan Tangerang. Sebenarnya gerai mitra pertama kami mulai tahun 2013. Tapi bentuknya masih kerjasama biasa karena kebetulan kenalan sendiri.

Ia menawarkan satu paket kemitraan dengan investasi Rp 60 juta. Dengan modal tersebut, mitra akan mendapat fasilitas kerjasama waralaba selama lima tahun, biaya waralaba, peralatan usaha, sistem integrasi online, modul serta pelatihan bagi para guru.

Adapun mitra wajib menyediakan tenaga guru. Namun pihak Bimbel Extra bakal membantu mitra dalam hal pelatihan yang berlangsung selama satu bulan. Pihak pusat akan membantu saat rekrutmen. Hal lain yang perlu mitra perhatikan adalah sanggup menyediakan tempat dengan kapasitas antara tiga sampai lima ruang kelas. Atau mitra bisa menyediakan tempat kursus dengan luas minimal 60 meter persegi (m²).

Bimbel Extra menawarkan program bimbingan belajar kelas reguler dan privat bagi pelajar SD, SMP, dan SMA dengan banderol harga antara Rp 3,5 juta sampai Rp 8,5 juta per tahun. Bila lokasi les tambahan tersebut berada dekat sekolah atau perumahan, ia perkiraan mitra bisa meraup omzet antara Rp 40 juta sampai Rp 65 juta per bulan. Perkiraan omzet tersebut bisa didapatkan dengan membuka minimal 10 kelas reguler.

Mitra dikenakan biaya royalti per bulan sebesar 5% dari omzet di tahun pertama. Akan ada kenaikan biaya royalti sekitar 7% di tahun kedua. Bimbel Extra baru akan mengenakan biaya royalti bila mitra sudah memenuhi omzet minimal yang sudah ditentukan. Dengan laba sekitar 40% dari omzet, Ridwansyah memproyeksikan bisnis ini balik modal maksimal dua tahun.  Bagi yang berminat, Ridwansyah menargetkan bisa menambah tiga gerai lagi sepanjang tahun ini.

Pengamat waralaba dari Franchise Technology, Utomo Njoto menilai kemitraan bimbel bertumpu pada tenaga guru. Pihak pusat harus memperhatikan keberlanjutan tenaga guru. Jangan sampai ada kekosongan guru lantaran bisa mengganggu laju bisnis.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

Bimbel Extra

Jl Kalasan Raya No 4 Kelapa Dua, Tangerang,  Banten 15810

HP. 085710492849

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ http://peluangusaha.kontan.co.id/news/pelajari-proposal-usaha-bimbingan-belajar
Comments
Loading...