Waralaba Carrozza

Waralaba Carrozza

Jumlah kendaraan roda empat di kota-kota besar bertambah dari tahun ke tahun. Ini membuka potensi bisnis di sektor otomotif, salah satunya aksesori interior mobil. Para pengguna roda empat tentu ingin ruangan dalam mobil senyaman mungkin digunakan seluruh anggota keluarga. Jasa salon interior mobil selalu dibutuhkan.

Salah satu merek usaha yang menyasar sektor ini adalah Carrozza di bawah bendera PT Sumara Cemerlang. Perusahaan ini memproduksi bahan material interior mobil seperti bungkus jok mobil, kaca mobil, doortrim, karpet dasar, plafon, dasbor, dan sebagainya.

Untuk memasarkan produk lebih luas, perusahaan yang berdiri sejak 2003 ini menawarkan kemitraan usaha. Jasa yang ditawarkan adalah pemasangan kulit jok mobil dari bahan kulit dan sintesis, pemasangan karpet dasar, kaca mobil, bungkus stir mobil, dasbor, dan berbagai aksesoris.

Carrozza telah menjalankan sistem ini dalam lima tahun terakhir. Kini sudah ada 16 gerai milik mitra yang tersebar di Jabodetabek, Makassar, Pontianak, Bandung, Semarang, dan Palembang. Pusat hanya fokus memproduksi bahan baku dan mengatur manajemen.

Jika berminat, mitra harus merogoh kantong minimal Rp 200 juta. Mitra akan mendapat peralatan bongkar pasang jok, desain ruangan, satu unit mesin jahit, bahan baku seperti sarung jok dari kulit sintesis atau kulit, kaca, karpet, dan pelatihan karyawan. Harga jasa di gerai bervariasi, mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 2,5 juta.

Kerjasama ini berlangsung selama lima tahun. Jika kontrak sudah habis, mitra bisa perpanjang kerjasama dengan membayar 50% dari investasi awal. Dengan kedatangan tiga hingga lima konsumen per hari, mitra usaha bisa mencetak omzet sekitar Rp 2 juta−Rp 4 juta per hari. Rata-rata omzet satu gerai Rp 70 juta per bulan.

Tidak ada biaya royalti namun mitra harus membeli bahan baku dari pusat. Luas tempat usaha yang dibutuhkan sekitar 20 m² dengan minimal tiga orang karyawan. Pusat akan menyediakan dua karyawan, dan sisanya harus dicari sendiri oleh mitra.

Setelah dikurangi biaya sewa tempat, gaji pegawai, pembelian bahan baku dan operasional lainnya, mitra masih bisa meraup laba bersih antara 25%−30% per bulan. Pemasangan jok di Carrozza rapi dengan jahitan kulit yang rapi dan detail. Selain itu materialnya pun dibuat dari kulit berkualitas.

Khoirussalim Ikhsan, pengamat waralaba dari Entreprenur College berpendapat, nilai investasi yang ditawarkan cukup mahal. Pasalnya bisnis ini tidak perlu banyak peralatan. Calon mitra harus teliti memperhitungkan potensi bisnis sebelum bergabung.

Info Kemitraan

Carrozza

Jl. Nusantara Timur Bl D/45 Sunter Jaya, Tanjung Priok Jakarta Utara

Telp. (021) 65832211

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/menjahit-laba-usaha-aksesori-mobil
Comments
Loading...