Waralaba Cilok Bang Kumis (CLBK)

Waralaba Cilok Bang Kumis (CLBK)

Erik Handoyo merupakan pemilik Cilok Bang Kumis (CLBK) asal Bekasi, Jawa Barat. Mendirikan CLBK di tahun 2016 dan menawarkan kemitraan beberapa bulan kemudian. Pada Oktober 2016, CLBK sudah memiliki lima gerobak yang beroperasi di sekitar Bekasi dan Jakarta Barat.

Kini, Cilok Bang Kumis tak lagi menawarkan kemitraan. Jumlah gerainya pun stagnan. Erik mengatakan jika bisnis ciloknya lebih fokus menggarap brand dan pasar sendiri. Kemitraan sudah tidak kami tawarkan, tapi bisnis cilok kami tetap jalan. Tahun 2016 lalu sempat ada satu gerobak mitra yang bergabung di daerah kampus Binus, Rawa Belong, tapi akhirnya tutup juga.

Ia menjelaskan beberapa kendala seperti lokasi dan konsistensi mitra yang kerap timbul tenggelam. Kebanyakan mitra terkendala oleh lokasi. Karena bentuk bisnisnya gerobak atau kaki lima, cukup sulit menentukan lokasi yang pas dan aman untuk berjualan. Erik pun mengakui bisnis kaki lima di pinggir jalan kerap bermasalah dengan pihak keamanan dan pedagang kaki lima lainnya.

Bisnis kemitraan cilok juga kerap dipandang sebelah mata oleh mitra. Maka dari itu, ada mitra yang kurang konsisten dalam menjalankan bisnis.  Seperti hari jualan, tapi hari berikutnya malah tidak dagang. Padahal bisnis tidak bisa begitu, harus ulet dan konsisten.

Saat ini, CLBK fokus melayani pelanggan dengan menawarkan layanan pesan antar langsung (delivery order) melalui ojek online. Erik mengatakan CLBK juga masih gencar berpromosi lewat sosial media seperti Instagram untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

CLBK menawarkan paket investasi sebesar Rp 8,8 juta. Paket tersebut merupakan paket siap jual. Dengan modal tersebut mitra akan mendapat fasilitas gerobak, peralatan lengkap, bahan baku awal, kemasan, pengiriman cilok gratis dengan minimum order berdasarkan jarak, bantuan promosi dan sistem delivery order.

Harga jual cilok ini masih sama, yakni Rp 2.000 per tiga biji. Ada pula dengan kemasan cup berisi 12 cilok seharga  Rp 10.000. Ia klaim cilok Bang Kumis beda dengan yang lain karena memakai bumbu rahasia dan tidak memakai  bahan pengawet.

Info Kemitraan

 

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/bisnis-cilok-kini-tak-lagi-mencolok?page=1
Comments
Loading...