Waralaba Cilok Pingpong

Waralaba Cilok Pingpong

Resty Pristiawaty asal Yogyakarta. Ia mendirikan Cilok Pingpong sejak tahun 2011 dan mulai menawarkan kemitraan cilok tersebut di tahun 2015 yang lalu. Pada tahun 2016, gerai Cilok Pingpong sejatinya sudah beranak pinak.

Namun tantangan datang dari mulai menjamurnya cilok murahan yang cuma dijajakan Rp 500 saja per buah. Imbasnya, keuntunganya pun terpangkas. Bila tahun 2016 ia bisa meraup keuntungan hingga 100%, di tahun 2017 langsung drop tinggal tersisa 30% saja.

Imbasnya, mulai banyak gerai Cilok Pingpong yang tidak bertahan lama. Dari puluhan gerai Cilok Pingpong yang sempat beroperasi, kini tinggal tersisa tiga gerai saja yang ada di Yogyakarta dan Jakarta. Ini karena cilok punya sugesti sebagai camilan yang murah.

Padahal awal Resty merintis usaha camilan asal Bandung ini adalah memang ingin mengangkat derajat cilok dari label makanan murah. Ia pun berani mengolah cilok dengan bahan baku yang tidak asal-asalan alias yang berkelas. Ia pun menyebut Cilok Pingpong sebagai cilok premium.

Sayang, usaha tersebut terpaksa ia berhentikan mulai tahun ini. Ia menyebut ada beberapa faktor kendala di bisnis ini. Pertama, harga bahan baku yang cukup tinggi untuk membuat cilok premium. Sedangkan harga jual cukup sulit untuk didongkrak karena citra cilok sebagai makanan murah.

Kedua, alur produksi yang cukup rumit dan sangat panjang, mengakibatkan biaya operasional cukup besar. Ketiga, menurunnya ketertarikan orang terhadap produk cilok. Manajemen merasa belum bisa menyelesaikan kendala dengan baik meski sudah berusaha.

Resty dengan bulat memutuskan tidak lagi membuka kemitraan cilok. Ia beralih menjadi pemasok cilok saja. Dan membuat kerjasama sebagai distributor dengan modal Rp 2 juta saja. Langkah berikutnya adalah beralih ke bisnis Korean Halal Food hingga kini.

Info Kemitraan

Alamat: Jl. Naga No.22, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Telepon: 0813-2826-7328

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/bisnis-cilok-kini-tak-lagi-mencolok?page=3 https://www.google.co.id/search?safe=strict&sa=X&biw=1280&bih=833&q=cilok+isi+pingpong+alamat&stick=H4sIAAAAAAAAAOPgE-LVT9c3NEw3rzKxzCs20pLNTrbSz8lPTizJzM-DM6wSU1KKUouLAah9drswAAAA&ludocid=4335175540116960014&ved=2ahUKEwijz5_pquTdAhXEM48KHab1Bv4Q6BMwHnoECAoQIA
Comments
Loading...