Waralaba Classic Rock Cafe

Waralaba Classic Rock Cafe

Gaya hidup modern masyarakat kota yang gemar kongko sambil menikmati musik selepas pulang kerja memunculkan peluang bisnis yang menggiurkan. Salah satunya usaha kafe. Desain kafe dibuat senyaman mungkin bagi pengunjung untuk menghabiskan waktu berjam-jam. Classic Rock Cafe di Bandung, Jawa Barat, menonjolkan ciri khas sesuai dengan namanya, dengan memanjakan pengunjung lewat sajian lagu-lagu rock klasik.

Lagu-lagu yang dibawakan, mulai dari hard rock, 80’s rock, 70’s classic rock, tribute nite, Indo classic rock, hingga rock n’ roll, blues. Segmentasi pasar kafe ini adalah penikmat musik rock kalangan menengah ke atas berusia di atas 30 tahun.

Kafe ini sudah berdiri sejak tahun 2004 silam. Sukwoto Gampang, si pemilik usaha bilang, sejumlah legenda musik rock tanah air sudah pernah tampil di kafenya, seperti Ahmad Albar, Andi Rif, Pas Band, Abadi Soesman, Ian Antono, Edane, Elpamas, Doddy Katamsi, dan Candil.

Saat ini baru satu kafe milik pusat. Agar jumlahnya kian bertambah, Sukwoto akhirnya menawarkan kemitraan usaha di tahun 2015. Paket investasi yang ditawarkan berkisaran Rp 400 juta hingga Rp 500 juta. Biaya tersebut meliputi franchise fee Rp 100 juta per lima tahun, pelatihan karyawan, serta desain interior dan eksterior.

Pusat juga mengutip biaya royalti 3,5% dari omzet. Biaya tersebut belum termasuk sewa tempat. Luas tempat usaha sekitar 150 m² hingga 200 m² yang bisa menampung hingga 100 kursi. Mitra menjalankan sendiri manajemen operasional. Namun, karyawan di bagian food and beverages serta tim server harus menjalani pelatihan langsung dari manajemen pusat. Selain itu, pusat juga akan melakukan supervisi langsung ke lokasi mitra usaha setiap enam bulan sekali.

Menu yang ditawarkan di Classic Rock Cafe beragam, mulai dari masakan asli Indonesia hingga ala Eropa. Nama menu diambil dari judul lagu-lagu agar terkesan unik. Classic Rock Cafemenawarkan steik, nachos, sop buntut dan lain-lain.

Harga makanan mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 40.000. Adapun harga minuman mulai Rp 15.000 hingga Rp 2 juta karena kafe ini juga menyediakan minuman untuk open bottle. Sukwoto menghitung, satu gerai biasanya mengantongi omzet sekitar Rp 125 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya-biaya operasional, laba bersih sekitar 30% dari omzet.

Bije Widjajanto, pengamat waralaba dari Ben WarG Consulting, bilang, konsep bisnis Classic Rock Cafe sudah jelas. Meski demikian, segmen pasarnya, yaitu penggemar musik rock klasik, relatif tidak banyak. Karena itu, calon investor sebaiknya tidak hanya memahami bisnis, tetapi juga penikmat musik. Selain itu, kafe ini mesti memperkuat aspek citarasa menu untuk memperluas pasar yakni juga para pecinta makanan.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

Classic Rock Cafe
Jalan Lembong No. 1, Bandung, Jawa Barat.
HP: 08112211469

Source Waralaba Classic Rock Cafe Classic Rock Cafe
Comments
Loading...