Waralaba Dr Shoes

Waralaba Dr Shoes

Membersihkan atau mencuci sepatu bukanlah pekerjaan gampang. Butuh kesabaran dan ketelitian supaya sepatu tidak lantas menjadi rusak. Apalagi saat musim hujan tiba. Banyak orang pun memilih memakai jasa cuci sepatu.

Peluang inilah yang ditangkap Dr Shoes asal Yogyakarta pada 2016 lalu. Tingginya permintaan cuci sepatu pun mendorong mereka membuka tiga gerai lainnya. Kini, Dr Shoes juga menawarkan waralaba. Imanuel Firman, Franchise Marketing Dr Shoes mengatakan, peluang kerjasama ini baru dibuka November 2018.

Meski belum ada mitra, tapi sudah ada beberapa calon mitra yang tertarik.  Dr Shoes menawarkan dua paket kemitraan. Pertama,  paket mini senilai Rp 35 juta. Fasilitasnya, penggunaan merek usaha selama tiga tahun, peralatan kerja, bahan pembersih, branding, dan pelatihan.

Kedua, paket reguler dengan nilai Rp 70 juta. Fasilitasnya sama seperti paket mini, ditambah booth beserta perlengkapannya. Perbedaan lainnya, kerjasama paket reguler berlangsung lima tahun.  Pada paket ini, mitra harus menyiapkan tempat berukuran 3×3 m²  dan dua karyawan.

Kemitraan Dr Shoes juga mematok biaya manajemen 10% dari omzet. Mitra juga harus ambil bahan pembersih dari pusat. Seperti gerai laundry sepatu lainnya, Dr Shoes menawarkan layanan cuci sepatu, tas perbaikan, dan pengecatan ulang.

Tarifnya mulai Rp Rp 20.000 sampai Rp 120.000. Berdasarkan perhitungan Firman, waktu balik modal mitra kurang dari satu tahun. Gerai bisa melayani 10-14 pasang sepatu saban harinya. Setelah dikurangi biaya pengerjaan dan operasional, porsi keuntungan bersih yang didapatkan mitra sekitar 10%-20% dari total omzet per bulannya.

Optimis sektor usaha ini masih dapat berkembang, Dr Shoes mematok target untuk  mendapatkan 20 mitra baru sampai pertengahan tahun 2019. Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai bisnis laundry sepatu mempunyai peluang yang bagus. Artinya bisnis ini masih dapat berkembang.

Agar dapat mencapai target pendapatan yang diinginkan, mitra dan manajemen harus kerjasama dalam mengeksekusi program marketing yang ada. Manajemen harus membantu mitra untuk bisa menjalankan semua program dengan baik. Yang harus dihindari agar usaha bisa berjalan dengan baik adalah saling tidak percaya. Masing-masing pihak juga sebaiknya tidak memburu keuntungan semata tanpa memperhatikan pengembangan merek.

Info Kemitraan

Dr Shoes

Jl PJKA Babarsari No. 6 Yogyakarta

HP. 082133381778

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/memoles-cuan-laundry-sepatu-dr-shoes
Comments
Loading...