Waralaba DVD Club

Waralaba DVD Club

DVD Club mulai membuka gerai penyewaan DVD orisinal sejak tiga tahun lalu. Mulai tahun ini, mereka menawarkan waralaba dengan investasi Rp 30 juta. Saat ini DVD Club tersebar di lima kota: Jakarta, Yogyakarta, Magelang, Surabaya, dan Palembang. Sejauh ini, ia masih fokus mengembangkan bisnis di Jawa.

Sebenarnya investasi Rp 30 juta itu tidak mutlak. Bila calon mitra telah memiliki komputer serta furnitur yang memadai, mereka tinggal menambah Rp 10 juta. Dengan dana tersebut, mitra bisa mendapat 2.000 keping video orisinal dengan berbagai macam judul dan jenis film, mulai dari drama, komedi, horor, hingga aksi. Investasi Rp 30 juta khusus untuk mitra yang ingin membangun bisnisnya dari nol.

Setiap bulan, mitra bisa meraih omzet Rp 10 juta. Sebanyak 50% di antaranya dialokasikan sebagai royalty fee dan biaya penyediaan DVD film baru tiap minggu. Perincian biaya royalti dihitung sesuai dengan perolehan omzet. Misalnya, omzet hingga Rp 5 juta, royalty fee-nya dipatok sebesar 5%.

Omzet Rp 5 juta-Rp 10 juta sebesar 10%, dan biaya royalti 15% bila omzet mitra berkisar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Dengan asumsi ini, modal mitra bisa kembali dalam hitungan sembilan bulan hingga satu tahun. Berbeda dengan rental lainnya, gerai DVD Club tak membutuhkan ruang yang luas.

Selain itu, operasional gerai bisa dijalankan hanya dengan seorang tenaga kerja. Akan lebih baik lagi, bila usaha rental ini bisa bersinergi dengan usaha lain, seperti minimarket atau kedai kopi. Seperti usaha rental film lainnya, DVD Club mengutip biaya keanggotaan dari para penyewa atau sering disebut dengan uang deposit sebesar Rp 50.000. Kemudian, biaya sewa Rp 10.000 untuk tiga keping film.

Erni mengatakan, meskipun bersaing ketat dengan bioskop dan televisi berbayar, penyewaan video disc original telah mempunyai pangsa pasar sendiri. Jadi, tidak bisa membandingkannya secara langsung lantaran segmen yang ditawarkannya pun berbeda.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

DVD Club
Jl. Raya Kembangan No. 45, Jakarta Barat
Telp. 021-5807007

Source Waralaba DVD Club Keuntungan dari waralaba penyewaan video orisinal
Comments
Loading...