Waralaba Enspire School of Digital Art

Waralaba Enspire School of Digital Art

Permainan digital makin berkembang seiring perkembangan teknologi informasi dewasa ini. Banyak anak-anak hingga orang dewasa menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar gadget bermain games. Daripada hanya menghabiskan waktu, Anda bisa menyalurkan hobi anak-anak bermain games menjadi keterampilan yang bermanfaat lewat kursus animasi.

Peluang ini dimanfaatkan oleh Andre Surya, animator muda berbakat asal Jakarta yang pernah terlibat sebagai digital artist di beberapa film ternama seperti Iron Man, Star Trek, Terminator Salvation, dan Transformers: Revenge of the Fallen.

Andre membuka sekolah animasi dan digital art bernama Enspire School of Digital Art (ESDA) di 2013 setelah membuka studio animasi Enspire Studio di tahun 2012. Andre mulai berani menawarkan kemitraan pada Mei 2015 ini.

Kini dia telah memiliki empat cabang, yakni satu sekolah milik sendiri di Central Park dan tiga sekolah lainnya milik mitra yang di Alam Sutera Tangerang, Pluit, dan Kelapa Gading. Jika berminat membuka sekolah animasi ini, Andre bilang calon mitra harus menyiapkan nilai investasi sebesar Rp 190 juta.

Nilai ini sudah termasuk lisensi merek Enspire selama lima tahun, sistem e-learning, komputer, software original, modul, kurikulum, dan dekorasi interior dan eksterior. Sekolah ini menyediakan pelatihan untuk membangun kreativitas dan kemampuan teknik digital artist.

Kursus yang disediakan ESDA antara lain 3D Fondations, 3D Modeling (3Ds Max), 3D Animation, dan 3D Holiday, dan Movie Making. Sasarannya anak-anak sekolah yang hobi bermain games, minimal usia belajar usia 10 tahun hingga orang dewasa.

Jika kontrak kerjasama habis maka mitra harus bayar perpanjangan sebesar Rp 30 juta. Untuk besaran biaya royalti per bulan akan menjadi kesepakatan bersama saat perjanjian dengan mitra. Biaya royalti per bulan agak tinggi karena Andre menggunggulkan kekuatan di kurikulum yang digunakan  serta software berlisensi.

Biaya kursus sebesar Rp 2,7 juta per orang yang terdiri dari 12 sesi masing-masing 2,5 jam. Kelas menggunakan sistem kuota minimum lima orang. Andre menargetkan mitra bisa mengantongi omzet minimal Rp 54 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya operasional, mitra bisa balik modal sekitar setahun hingga 1,5 tahun. Luas lokasi usaha dibutuhkan sekitar 40 meter persegi (m²) dan pusat akan memasok tenaga pengajar bagi mitra usaha.

Utomo Njoto, Senior Franchise Consultant dari FT Consulting Indonesia menyampaikan, bisnis kursus animasi memang bukan barang baru, namun pasarnya tetap ada. Yang harus dicermati calon mitra adalah historis keuangan pusat dan kondisi mitra usaha yang sudah berjalan untuk menghitung target balik modal yang disampaikan pusat.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

Enspire School of Digital Art

Tower Azalea, lantai 2 Blok AD 02/03

Jalan Tanjung Duren Raya. Jakarta Barat.

HP. 081908880911

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/menghitung-laba-kursus-animasi
Comments
Loading...