Waralaba Fulcaff Coffee

Waralaba Fulcaff Coffee

Bercengkerama sambil menyeruput kopi, sudah menjadi gaya hidup masa kini. Inilah yang mendorong bisnis kedai kopi atau kafe bermunculan. Baik di pusat kota maupun kawasan permukiman.  Melihat potensinya yang besar, sejumlah pemain pun melebarkan sayapnya dengan menawarkan kemitraan.

Kini bisnis kedai kopi nampak tak terlalu seksi. Menjamurnya usaha serupa mengakibatkan persaingan cukup ketat. Para pemain pun berinovasi dengan membuka pelatihan barista. Saiful Hari asal Depok, Jawa Barat. Ia membesut Fulcaff Coffee pada 2010 silam dan menawarkan kemitraan awal 2015 lalu.

Pada Maret 2015 lalu, Fulcaff Coffee sudah punya lima gerai di Depok dan Kalimantan Timur. Kini, Saiful sudah tak lagi menawarkan kemitraan. Tawaran kemitraan tersebut berhenti sejak tahun lalu. Saat ini Fulcaff Coffee sedang fokus bisnis training barista.

Untuk kemitraan vakum dulu. Vakumnya kemitraan Fulcaff Coffee bukannya tanpa alasan. Saiful mengungkapkan jika dirinya juga tengah merombak, memperbaiki dan menggodok sistem kemitraan yang baru.

Menurut Saiful, selama ini sistem kemitraan yang dijalankannya lebih menguntungkan mitra dibanding pihak pusat. Hal itu disebabkan karena pihak Fulcaff Coffee tidak menarik biaya royalti bulanan kepada mitra. Mitra hanya wajib membeli bahan baku, terutama biji atau bubuk kopi ke pusat.

Setelah berjalan, banyak mitra yang tidak lagi mengambil bahan baku ke pusat. Mereka ambil di luar yang kualitasnya belum jelas dan harganya juga lebih murah. Terutama bagi mitra di luar pulau Jawa. Ia juga mengungkapkan biaya pengiriman atau logistik memberatkan mitra di luar pulau Jawa karena mahal.

Di sisi lain, profesi barista tengah naik daun. Tentu kesempatan ini tak mau dilewatkan Saiful. Berbekal pengalaman menjalankan bisnis kedai kopi sejak tahun 2010, ia membuka pelatihan barista sejak tahun 2016. Untuk mitra lamanya, Saiful memutus kontrak mereka. Jadi, sekarang mereka pakai brand sendiri.

Sebelum ditutup, Saiful bilang, Fulcaff Coffee sudah memiliki 24 gerai yang tersebar di Jawa, Ambon dan Kalimantan. Kini, hanya dua gerai Fulcaff Coffee milik pusat yang beroperasi. Mudah-mudahan pertengahan tahun ini tawaran kemitraan Fulcaff sudah bisa dibuka kembal.

Contoh Outlet

Info Kemitaan

Kedai Kopi Fulcaff

Jalan Raya Parung Serab (Pemancar) / Raya KSU, No. 11, RT/RW 04/05, Tirtajaya, Sukmajaya, Kota Depok 16412

Tel/SMS/WA:085716361234.

Jam Buka : Senin sd Sabtu 08.00 sd 20.00 WIB

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ http://peluangusaha.kontan.co.id/news/hoki-kedai-kopi-tak-lagi-hangat?page=2 https://fulcaff.com/
Comments
Loading...