Waralaba HokBen

Waralaba HokBen

Restoran cepat saji di Indonesia sangatlah banyak. Namun kebanyakan brand tersebut berasal dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Tak banyak yang tahu ternyata Indonesia juga memiliki brand restoran cepat saji yang sudah terkenal.

Hoka-Hoka Bento (HokBen) adalah jaringan restoran waralaba makanan cepat saji yang menyajikan makanan Jepang milik Indonesia asli. Pada 18 April 1985 Hokben pertama kali didirikan di Jakarta. Di bawah naungan PT Eka Bogainti restoran Hoka-Hoka Bento pertama kali terletak di Kebon Kacang, Jakarta Pusat.

Hendra Arifin sebagai pemilik PT Eka Bogainti tertarik mengembangkan usaha restoran cepat saji ala Jepang yang saat itu belum ada di Indonesia. Ia melakukan studi banding ke Jepang dan kemudian membeli izin penggunaan brand dan asistensi teknis Hoka-Hoka Bento di Indonesia. Di Jepang, awalnya Hoka-Hoka Bento adalah bisnis makanan berbasis pesan bawa pulang (take away) saja.

Kini PT Eka Bogainti memiliki penuh hak cipta atas brand Hoka-Hoka Bento. Kepemilikan brand tersebut kini 100 persen dimiliki oleh warga negara Indonesia. Sementara itu, usaha serupa dengan brand yang sama di Jepang sudah tidak ada lagi.

Pada tahun 1990, Hoka-Hoka Bento mulai mencoba melebarkan sayap dengan membuka cabang pertama mereka di Bandung, dan kini sudah memiliki 20 cabang lain yang tersebar di Kota Kembang tersebut. Hoka-Hoka Bento terus mengembangkan pelayanan mereka seperti Call Center 500505 di tahun 2007, situs web resmi www.hokben.co.id di tahun 2008 serta layanan HokBen drive thru di tahun 2009.

Nama Hoka-Hoka Bento sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti makanan hangat dalam boks. Mulai 15 Oktober 2013, Hoka-Hoka Bento berubah nama menjadi HokBen. Kini HokBen sudah memiliki total 147 gerai yang tersebar di pulau Jawa dan Bali.

HokBen menyajikan berbagai makanan cepat saji ala Jepang. Konsep gerai restoran tersebut layaknya kafetaria dengan bufet yang disusun memanjang dari makanan utama hingga terakhir sajian minuman. Menu yang disajikan adalah menu khas Jepang yang populer seperti, daging atau ayam yang dimasak saus Yakiniku, Teriyaki, dan Bakupeppa.

Lalu dilengkapi dengan gorengan seperti Chicken Katsu, Ekkado, Ebi Furai, Spicy Chicken, Tori Baaga, Kani Roll, Egg Chicken Roll, dan Shrimp Roll. Serta sajian pelengkap lainnya seperti sup Sukiyaki, Shumai, Gyoza dan minuman segar lain khas Jepang.

Harga yang ditawarkan terjangkau, sekitar Rp39 ribu untuk paket makanan dan Rp25 ribu untuk ragam minuman. Meski menyajikan makanan khas Jepang, HokBen tetap menonjolkan rasa yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Info Kemitraan

https://www.hokben.co.id/

Source https://www.money.id/ https://www.money.id/food/hokben-restoran-cepat-saji-pertama-milik-indonesia-160223v.html https://www.hokben.co.id/
Comments
Loading...