Waralaba Indonesia Bisa Belajar Dari Waralaba Malaysia

Waralaba Indonesia Bisa Belajar Dari Waralaba Malaysia

Waralaba lokal di Indonesia diyakini mempunyai kemampuan yang kuat untuk bersaing waralaba asing dalam menjaga pasar waralaba dalam negeri. Hanya saja, waralaba lokal masih perlu mendalami dan mempelajari seluk beluk pasar waralaba. Seperti halnya waralaba Malaysia yang mempelajari pasar waralaba Indonesia.

Seperti Malaysia, Datuk Maringgi dia datang kemari, mempelajari betul pasar waralaba di Indonesia seperti apa dan juga di negara lain seperti apa. Jika dibandingkan dengan waralaba asing, tingkat persaingan tidak menjadi persoalan.

Sebab, waralaba lokal mempunyai pangsa pasar yang kuat meski hanya beberapa jenis usaha. Perkembangan waralaba memang tumbuh cukup subur. Hanya saja dukungan dari Kementerian Perdagangan dan pemangku kebijakan lain belum memprioritaskan waralaba.

Waralaba belum menjadi prioritas yang patut sehingga harus didorong kualitasnya. Tidak hanya itu, Kementerian Perdagangan juga memiliki tantangan untuk memikirkan bagaimana waralaba lokal dapat masuk di pasar internasional.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/waralaba-indonesia-bisa-belajar-dari-waralaba-malaysia.html
Comments
Loading...