Waralaba Indonesia Diminati Negara Asing

Waralaba Indonesia Diminati Negara Asing

Waralaba lokal Indonesia mempunyai potensi go international dan sejauh ini sudah dilirik oleh beberapa negara di Asia Tenggara, Timur Tengah hingga Eropa. Begitu kata Chairman Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Levita Supit.

WALI sering didatangi pengusaha dari negara-negara luar seperti Malaysia, Eropa, dan Timur Tengah. Saat ini sudah ada sekitar 50 waralaba Indonesia yang sudah dijual ke luar negeri, seperti ke Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, bahkan Qatar.

Sekitar 14 waralaba Indonesia tahun ini sedang berkonsultasi dengan WALI untuk mulai menjual franchise ke negara lain. Tingkat kegagalan untuk mengembangkan franchise lokal di luar negeri cukup tinggi, sekitar 10 persen.

Ketentuan untuk mengembangkan franchise ke luar negeri relatif sulit, karena beberapa negara mempersulit ketentuan administratif dan lokasi untuk asing. Negara asing relatif mudah untuk mengembangkan franchise di Indonesia. Karena itulah, menurut Kadin Indonesia, setiap bulannya ada 4-5 waralaba asing baru masuk ke Indonesia. Hingga tahun lalu, ada sekitar 152 waralaba asing yang beroperasi di Indonesia.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/bisnis/13594-waralaba-indonesia-diminati-negara-asing.html
Comments
Loading...