Waralaba Jadi Cara Efektif Tingkatkan Rasio Kewirausahaan

Waralaba Jadi Cara Efektif Tingkatkan Rasio Kewirausahaan

Sekretaris Kemenkop dan UKM, Meliadi Sembiring, menegaskan, model bisnis waralaba (franchise) merupakan salah satu cara paling efektif untuk melahirkan wirausaha baru, sekaligus meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia yang baru mencapai 3,1%.

Di Indonesia ada 62 juta lebih UMKM. Dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5% itu bagus, tapi apakah sudah merata? Jawabnya belum. Kesenjangan harus dikurangi, salah satunya dengan mengembangkan  koperasi dan UKM.

Waralaba adalah model bisnis yang cocok bagi UKM karena memberikan peluang bagi pengusaha UKM dalam mengembangkan usahanya. Meliadi memaparkan, waralaba merupakan bentuk kerja sama bisnis berjangka panjang yang menjadi bagian dari pola kemitraan.

Hal itu karena di dalam bisnis waralaba, akan terjadi penyatuan business plan, adanya transfer sumber daya finansial, keahlian atau teknologi, antara usaha besar, menengah dan kecil. Menurut Meliadi, yang kurang dari bisnis waralaba ini adalah perluasan jenis usaha waralaba yang ditangani.

Prospek bisnis waralaba amat sangat menjanjikan. Menurut Dirjen, sistem waralaba ini merupakan sistem distribusi yang baik, karena dapat diterapkan bagi usaha baru, yang belum bisa berkembang sendiri. Menurut Tjahja, dikaitkan dengan tugas pemerintah dalam  stabilisasi harga, bisnis waralaba sangat memberikan kontribusi.

Ketua Umum AFI, Andrew Nugroho, mengatakan bisnis waralaba dalam beberapa tahun terakhir berkembang pesat. “Terjadi lompatan pertumbuhan sebesar 20% dari 2016  ke 2017,” katanya. Karena itu dalam penyelenggaraan IFRA 2018 yang merupakan ke-16 kalinya ini, pihaknya menargetkan terjadi transaksi sampai Rp7 triliun.

Source https://www.wartaekonomi.co.id/ https://www.wartaekonomi.co.id/read188149/waralaba-jadi-cara-efektif-tingkatkan-rasio-kewirausahaan.html
Comments
Loading...