Waralaba Jawaban Bagi Pebisnis Pemula

Waralaba Jawaban Bagi Pebisnis Pemula

Perkembangan zaman yang semakin signifikan, menuntut seseorang untuk memiliki skill, knowledge, dan attitude demi “menjual dirinya” ke pasaran agar dapat bermanfaat bagi publik. Eits! “Menjual diri” di sini bukan berkonotasi negatif. Menjual diri yang dimaksud adalah mampu menyesuaikan diri dan berkontribusi bagi publik.

Angka pengangguran di Indonesia yang semakin meningkat dari tahun per tahun menjadi sebuah ironi tersendiri bagi negara berkembang seperti Indonesia. Pada bulan Agustus tahun 2017, angka pengangguran naik menjadi 7,04 persen.

Banyaknya tingkat pengangguran di Indonesia, salah satunya diakibatkan dari jumlah lowongan pekerjaan dan angkatan kerja yang tidak sinkon. Pemikiran masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa menjadi seorang karyawan adalah pekerjaan yang paling menjanjikan, masih menjadi dominasi hal tersebut. Sehingga banyak orang yang menganggur karena gagal mendapatkan pekerjaan.

Padahal jika mau berpikir di luar zona nyaman, ada berbagai macam hal yang dapat kita lakukan demi memperoleh penghasilan. Walaupun tentu hal tersebut memerlukan pengorbanan dan tekad yang kuat, tapi jika dilakukan dengan kesenangan tentunya akan membawa ladang rejeki bagi kita.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah menjadi seorang wirausaha. Sebagian orang sudah menyadari hal tersebut, namun masih bingung akan memulai usaha dari mana. Padahal jika mereka mau mencari tahu lebih dalam mengenai dunia bisnis, ada berbagai macam pilihan yang dapat dilakukan dengan modal yang relatif kecil.

Menjadi reseller atau dropshipper belakangan ini menjadi profesi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Seperti mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan karyawan swasta yang butuh kerja sampingan. Tetapi yang perlu Anda tahu, ada salah satu pilihan bisnis yang dapat dilakukan dengan modal yang relatif kecil tetapi Anda sudah mendapatkan brand dan tinggal menjalankan usahanya saja.

Jawabannya adalah menjadi seorang franchisee. Mungkin profesi tersebut masih asing di kalangan beberapa orang. Tetapi menjalani profesi tersebut juga sudah memberikan banyak keuntungan bagi beberapa orang lagi. Franchisee adalah profesi di mana kita menginvestasikan modal kita ke sebuah brand, kemudian kita menjadi mitra bagi perusahaan tersebut.

Kerja sama yang terjadi antara perusahaan pusat dan mitra akan memberikan keuntungan bagi Anda pebisnis pemula. Anda akan mendapatkan ilmu seputar bisnis dan usaha yang anda jalankan akan selalu dipantau oleh perusahaan pusat. Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan mencari bahan baku bagi kelangsungan usaha Anda, karena bahan baku akan selalu di-stock dari perusahaan pusat.

Franchise atau waralaba itu sendiri berarti  sebuah konsep dalam sistem distribusi barang atau jasa. Konsep ini membentuk suatu model hubungan kerja sama bisnis antara franchisor (pemilik usaha) dengan franchisee (pemilik modal/investor).

Menurut www.tdamedan.org, franchise merupakan bentuk duplikasi bisnis yang telah sukses dan mempunyai brand yang sudah dikenal. Dengan demikian calon investor yang ingin membeli franchise tidak harus menjalankan bisnis dari nol. Tidak harus dipusingkan dengan nama produk, jenis produk, produksi, dan pemasaran. Mereka hanya menjalankan sistem yang telah berjalan dengan baik dan telah teruji keberhasilannya.

Source https://www.bernas.id/ https://www.bernas.id/53707-waralaba-jawaban-bagi-pebisnis-pemula-yang-ingin-berwirausaha-secara-mudah.html
Comments
Loading...