Waralaba Kalimilk

Waralaba Kalimilk

Fauzan Rachmansyah, pemilik PT Kalimilk Indonesia, cukup prihatin melihat data bahwa konsumsi susu di Indonesia, baru sekitar 13,47 liter per kapita per tahun, susu yang dikonsumsi di Indonesia. Amerika Serikat sudah mencapai 117 liter per kapita per tahun, Irlandia tertinggi dengan 174 liter per kapita per tahun.

Kedai susu Kalimilk memiliki berbagai macam varian untuk minuman berbahan dasar susu. Varian yang menjadi favorit seperti hazelnut, caramel, cookies dan durian. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 22.000 per gelas. Sedangkan, untuk makanan tersedia mulai dari nasi, pasta , roti goreng dan jenis makanan penutup lainnya.

Pangsa pasar Fauzan luas. Yang datang ke kedainya mulai dari balita hingga orang dewasa. Usaha yang ia rintis sejak tahun 2010 lalu itu, telah berkembang menjadi tiga buah gerai yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta. Jika ingin memulai usaha ini, modal yang dibutuhkan tergantung dari konsep dan skala kedai yang akan dibuka. Pada tahap awal, mitra bisa mulai memikirkan konsep kedai. Konsep sangat berhubungan dengan besarnya nilai investasi.

Fauzan merintis usaha ini dari modal Rp 12 juta dan dua ekor sapi, sebagai pemasok susu segar. Modal sebesar itu dia gunakan untuk membangun kedai sederhana dan perawatan kedua sapinya. Walau saat merintis usaha ini pangsa yang diincar tak jauh beda dari Kalimilk.

Daerah yang berhawa sejuk, bisa menjadi salah satu pertimbangan memilih peternak sapi, mengingat pasokan makanan berlimpah di kawasan tersebut. Itu yang menjadi alasan Fauzan mengambil stok susu segar dari Kaliurang, yang berada di  kaki Gunung Merapi.

Selain itu, update varian rasa dalam jangka waktu tertentu pun bisa menunjang moncernya pendapatan. Maklum, anak muda sering cepat bosan. Untuk mendapatkan varian rasa yang beragam, tidak perlu membayar juru masak khusus, cukup dengan pengalaman sendiri atau belajar sendiri, seperti dilakukan oleh Fauzan saat meracik sajian andalan di kedai susu mereka.

Karena kedai susu identik dengan kedai sehat, sebaiknya makanan pelengkap juga mengusung tema sehat. Kalimilk tak jauh beda. Setiap makanan yang disajikan kepada konsumen hanya melalui proses pemasakan sepuluh menit.  Jadi kualitas panganan tetap terjaga dan konsumen puas.

Setelah semua siap, giliran berikutnya adalah merancang promosi. Meski mengandalkan promosi dari mulut ke mulut setelah konsumen merasakan sendiri makan di Kalimilk, biar tak lepas dari perkembangan zaman, Fauzan juga membangun situs sebagai pusat informasi produk mereka.

Contoh Outlet

Info Lengkap Hubungi

Alamat: Jl. Kaliurang KM. 4.9, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Caturtunggal, Depok Sub-District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55582
 Telepon: (0274) 888999

Source Waralaba Kalimilk Kalimilk
Comments
Loading...