Waralaba Kedai Digital

Waralaba Kedai Digital

Era digital seperti sekarang relatif bisa mempermudah sebuah pekerjaan. Salah satunya penggunaan sablon digital dalam memproduksi  suvenir dalam jumlah massal. Hanya dalam waktu relatif singkat, pelanggan bisa memperoleh suvenir bergambar eksklusif dalam berbagai bentuk, seperti mug, bantal, hingga jam dinding.

Saptuari Sugiharto memanfaatkan peluang ini. Sehingga merintis usaha Kedai Digital di Yogyakarta pada 2005 silam. Kedai Digital menawarkan jasa pembuatan suvenir berbentuk jam dinding, mug, piring, serta pin yang disablon gambar sesuai permintaan konsumen. Ia menggunakan peralatan print digital.

Produk dijual berkisar Rp 25.000 hingga Rp 200.000 per item. Keunggulan Kedai Digital dari sisi kualitas bahan baku dan sablon. Ada tahapan coating pada setiap produk. Sehingga sablonnya tidak mudah terkelupas.

Saptuari menawarkan peluang kemitraan sejak 2007. Kini, sudah ada total 61 gerai Kedai Digital yang tersebar di Yogyakarta, Bali, Cilacap, Semarang hingga Papua. Kini, semua gerai berstatus milik mitra. Pihak pusat hanya mengontrol usaha mitra.

Pihak pusah menawarkan dua model investasi Kedai Digital. Pertama, model independen, di mana mitra hanya mendapat alat-alat produksi, dan tidak diperkenankan memakai nama Kedai Digital. Nilai investasinya Rp 15 juta untuk paket sablon kaos, dan Rp 25 juta untuk paket merchandise.

Kedua, paket cabang dengan investasi Rp 65 juta. Mitra mendapat semua alat produksi, seragam, bahan baku seperti mug keramik dan bantal, plus pemakaian nama Kedai Digital. Mitra wajib menyetor biaya royalti sebesar 2,5% dari total omzet bulanan. Kewajiban ini berlaku, jika omzet mitra menyentuh Rp 10 juta per bulan.

Mitra bisa mengumpulkan omzet berkisar Rp 10 juta hingga Rp 80 juta, tergantung jenis paket usaha yang dioperaikan. Jika target keuntungan bersih sebesar 20% bisa tercapai, maka mitra bisa balik modal sekitar setahun. Mitra wajib membeli seluruh bahan baku, termasuk tinta dari pusat.

Pengamat waralaba Erwin Halim menilai, bisnis sejenis Kedai Digital memang sedang marak di pasaran. Usaha semacam ini sangat banyak, karena memang mudah untuk dimitrakan dengan biaya yang murah. Pencapaian balik modal usaha sablon digital pun tidak terlalu sulit. Karena pasarnya cukup luas.

Tawaran investasi Kedai Digital terbilang masuk akal. Besaran modal, target omzet dan balik modal setahun itu kemungkinan bisa dicapai. Persaingan di bisnis ini cukup ketat, karena ada banyak pemain. Mitra harus pandai mengatur strategi yang baik. Pihak pusat harus membantu promosi dan pemasaran usaha milik mitra, supaya tidak kalah saing dengan kompetitor.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

Web. http://www.kedaidigital.com/

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/mencetak-cuan-dari-bisnis-sablon-suvenir http://www.kedaidigital.com/
Comments
Loading...