Waralaba Lokal Takut Tersaingi Waralaba Asing

Waralaba Lokal Takut Tersaingi Waralaba Asing

Memasuki era persaingan bebas atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir tahun ini memberikan kebebasan bagi warga negara asing untuk mengembangkan produk dan jasa mereka di dalam atau luar negeri. Melihat hal itu, waralaba yang dikenal memberikan pertumbuhan bisnis yang pesat menjadi pilihan bagi pemilik modal atau pengusaha untuk melakukan ekspansi.

Namun, melihat persaingan yang bebas ini, ada ketakutan tersendiri untuk usaha waralaba lokal yang bersaing dengan waralaba asing di Indonesia. Sebenarnya waralaba lokal tidak perlu takut untuk bersaing. Saat ini, memang pendapatan waralaba asing lebih besar dibandingkan waralaba lokal.

Hal ini dikarenakan waralaba asing yang relatif mematok harga mahal dan identik dengan dolar sedangkan lokal hanya rupiah. Faktanya, sampai saat ini waralaba lokal masih diminati oleh asing. Salah satunya, dalam makanan dan jasa.

Dukungan Pemerintah dan kinerja bisnis itu sendiri bisa menjadi faktor majunya waralaba lokal ini. Apalagi, ditambah dengan mengikuti acara pameran dalam rangka meningkatkan apresiasi atau pengetahuan bagi masyarakat dan pelaku bisnis terhadap perkembangan waralaba saat ini. Maka dari itu, jangan takut untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Source http://www.beritasatu.com/ http://www.beritasatu.com/ekonomi/306338-waralaba-lokal-takut-tersaingi-waralaba-asing.html
Comments
Loading...