Waralaba Mamio Cafe

Waralaba Mamio Cafe

Yoghurt dikenal masyarakat sebagai minuman yang baik untuk kesehatan lantaran mudah dicerna usus. Tak heran jika minuman hasil fermentasi susu ini populer di kalangan para pencinta makanan kesehatan. Kepopuleran yoghurt membuat Mamio Cafe yang berdiri tahun 2009 berani menawarkan waralaba pada Maret 2011. Cafe yang menjual minuman yoghurt ini kini memiliki kurang lebih 8 outlet.

Selain mengusung konsep yang sederhana dan harga terjangkau, kualitas produk yang dijual juga terjamin. Ada dua keistimewaan Mamio Cafe dibandingkan dengan tawaran bisnis yoghurt lain. Pertama, lebih murah. Mamio Cafe menjual dengan harga Rp 5.000. Kedua, produk yang dijual lebih beragam.

Konsep healthy drink

Selain menyajikan berbagai produk berbahan baku yoghurt seperti frozen yoghurt, ice bland float dan yoghurt cair fresh frozen, gerai Mamio Cafe juga menjual sekitar 10 jenis minuman kesehatan lain, seperti kunir asam dan beras kencur. Konsep yang diusung healthy drink, maka kita juga menyajikan minuman kesehatan asli Indonesia. Dengan menyajikan produk minuman kesehatan, perlu standardisasi rasa termasuk memastikan kualitas bahan baku. Untuk itulah, Mamio Cafe memiliki tim riset serta pengembangan termasuk pabrik sendiri untuk pembuatan seluruh produk yang disajikan.

Bing mengatakan, walau baru Maret 2011 lalu ditawarkan, saat ini sudah ada 3 calon mitra yang tertarik. Untuk menjadi mitra Mamio Cafe calon mitra harus berinvestasi Rp 82 juta untuk biaya franchise fee sebesar Rp 10 juta, membeli aset tetap Rp 72 juta. Ini belum termasuk sewa tempat dan modal kerja awal. Dengan investasi tersebut, mitra akan mendapatkan booth serta peralatan usaha termasuk mesin ice cream.

Walau nantinya mitra juga harus menyetorkan royalty fee 5 % dari total omzet tiap bulan, Bing menilai bahwa tawaran waralabanya masih terbilang murah. Adapun soal lokasi strategis seperti di dekat kampus. Setidaknya luas lokasi yang diperlukan 6 m²-7 m².

Dengan besar investasi tersebut, Bing menghitung setidaknya mitra akan memperoleh omzet per hari sebesar Rp 700.000. Dengan omzet itu, balik modal diperkirakan akan tercapai dalam waktu 1 tahun sampai 1,5 tahun.

Khoerussalim Ikhsan, konsultan wirausaha dan praktisi bisnis, mengatakan perlunya promosi agar Mamio Cafe bisa bersaing dengan minuman lain. Agar lebih dikenal, ia menyarankan Mamio Cafe lebih banyak membuka gerai sendiri. Tanpa ada produk yang terkenal dan konsep yang kuat, akan sulit bersaing. Mengusung tema kafe, perlu diperhatikan suasana tempat, yang lebih santai, nyaman, dan khas.

Contoh Outlet

Mamio Cafe
Kompleks Mediterania No. 5 Kebun Jeruk
Jl. Meruya Ilir Raya, Jakarta 11620
Telp: 0215865450

Source Waralaba Mamio Cafe Mengalap untung dari yoghurt dan beras kencur
Comments
Loading...