Waralaba Mampu Membantu UKM, Hingga Pemerataan Ekonomi

Waralaba Mampu Membantu UKM, Hingga Pemerataan Ekonomi

Pertumbuhan industri waralaba di Indonesia mengalami peningkatan cukup pesat. Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar mengatakan bisnis waralaba  terbukti cukup efektif dalam membantu  para pelaku usaha kecil menengah (UKM).  Bermodal terbatas mampu mengembangkan usaha dengan cepat dan bersaing dengan pelaku bermodal kuat.

Anang menengaskan bahwa bisnis  waralaba juga mampu menjadi salah satu pendorong perputaran ekonomi secara luas dan  merata baik melalui  pembelanjaan langsung  maupaun tidak langsung . Waralaba juga dapat menjadi salah satu agen pemerataan ekonomi yang menggerakan ekonomi sampai ke pelosok-pelosok.

Praktek waralaba memungkinkan banyak orang secara bersama-sama memiliki dan mengoperasikan suatu jaringan yang besar dan kuat. Pandangan sama diungkapkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Ia mengatakan pertumbuhan usaha waralaba pada beberapa negara berkembang juga  sangat pesat. Waralaba dijadikan sebagai alternatif pengembangan usaha.

Data International Franchise Association  2014 dikatakan jumlah waralaba di dunia berjumlah 770.368 waralaba. Sedangkan data WFC Meeting 2013, jumlah waralaba di tiga negara ASEAN (Malaysia, Filipina, dan Singapura) telah mencapai angka 2.522 usaha waralaba.

Sementara di Indonesia, tercatat sekitar 698 waralaba dengan jumlah gerai sebanyak 24.400 yang terdiri dari 63% waralaba dan Business Opportunity (BO) lokal serta 37% waralaba asing, dengan omzet mencapai nominal Rp 172 triliun.

Source https://www.wartaekonomi.co.id/ https://www.wartaekonomi.co.id/read121722/afi-waralaba-mampu-membantu-ukm-hingga-pemerataan-ekonomi.html
Comments
Loading...